Ini 5 Varian Sambal Penambah Selera Makan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 19 Jun 2018 08:20 WIB
Foto: iStock/Detikfood
Jakarta - Jenuh dengan makanan gurih atau gorengan, Anda bisa meracik sambal sederhana. Dari bahan sayuran hingga tempe bisa jadi sajian penggugah selera makan.

Diracik dari cabe merah dan cabe rawit merah segar, sambal selalu sukses menambah selera makan. Bisa dipadukan dengan ikan asin, tempe dan beragam sayuran. Dibuat segar dan tinggal dinikmati dengan nasi hangat.

Berikut 5 pilihan sajian dengan paduan sambal yang dijamin bikin Anda makin semangat makan.

Ini 5 Varian Sambal Penambah Selera MakanFoto: Detikfood

1. Sambal Kangkung
Bahannya kangkung segar yang direbus sebentar saat akan disajikan. Diberi topping sambal terasi dengan paduan tomat segar. Tentu saja rasanya jadi asam segar dan pedas menyengat. Kalau sudah ngiler, buruan cek resep sambalnya di sini!

Ini 5 Varian Sambal Penambah Selera MakanFoto: dok. detikFood

2. Sambal Matah
Sambal matah atau sambal segar merupakan sambal racikan khas Bali. Bahannya cabe rawit merah dan bawang merah yang diiris halus. Dipadukan dengan jeruk limau, minyak kelapa, sedikit garam dan terasi. Buat beberapa jam sebelum disantap agar meresap rasa pedas segarnya. Enak dimakan dengan ikan goreng. Ikuti langkah ini jika ingin meraciknya.

Ini 5 Varian Sambal Penambah Selera MakanFoto: detikfood

3. Sambal Bilih Belah
Ikan danau air tawar dari Sumatra Barat, ikan bilih, enak digoreng dan dinikmati dengan sambal segar. Raciikan sambal terasi diberi kucuran air jeruk nipis atau jeruk limau. Kemudian diberi topping ikan bilih goreng. Rasanya pedas gurihnya juara! Ikuti resep pembuatannya di sini!

4. Sambal Tempe
Sambal yang satu ini bisa bikin ketagihan karena rasa gurih pedasnya. Tempe bisa digoreng atau dibakar. Selanjutnya sambal dengan paduan bawang putih dan kecur bisa jadi paduannya. Bisa dicocol atau dipenyet dengan sambal. Makin enak dengan tambahan daun kemangi. Berikut ini cara pembuatannya.

Ini 5 Varian Sambal Penambah Selera MakanFoto: detikFood/iStock

5. Petis Kangkung
Yang ini gaya sambal Jawa Timuran. Sambalnya memakai campuran petis udang yang gurih manis dengan kucuran air jeruk limau. Kangkung rebus diaduk dengan sambal petis. Paduannya bisa tahu goreng atau kerupuk. Ini cara dan tips membuatnya.



Walaupun Ramadan sudah lewat, aneka sambal ini masih cocok dijadikan teman makan:

[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)