Ini Dia Jollof Sushi dari Afrika Barat yang Sedang Jadi Perbincangan

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 18 Jun 2018 17:30 WIB
Foto: Instagram africanchow
Jakarta - Ini dia sajian khas Afrika Barat yang kini jadi perbincangan. Ini karena sajian tersebut dikreasikan dengan sushi. Seperti apa bentuknya?

Tiap negara punya sajian khas yang lezat. Seperti rendang dari Indonesia, paella dari Spanyol hingga pizza dari Italia. Begitupun Afrika Barat. Negara bagian ini punya sajian khas yang unik bernama Jollof.

Jollof sendiri terbuat dari nasi, tomat, pasta tomat, beberapa potong daging, bawang bombay dan rempah-rempah seperti pala, jintan, dan jahe. Berdasarkan keterangan The Guardian (10/8), sajian ini berasal dari suku Wolof di wilayah Senegal.

Ini Dia <i>Jollof Sushi</i> dari Afrika Barat yang Sedang Jadi PerbincanganFoto: Istimewa

Zaman dahulu, suku ini membangun kerajaan yang besar hingga berdiri di beberapa wilayah. Saat itu, jollof disajikan dalam satu pot dan biasa dijadikan sajian dalam upacara adat atau suatu perayaan.

Baca juga: Afrika dan China Juga Punya Hidangan Khas Lebaran yang Unik

Saat ini hadir sebuah kreasi baru jollof. Kreasi ini dibuat oleh sebuah majalah asal Afrika. Jollof dibuat dalam tampilan baru yang lebih menggugah selera. Kreasi ini memadukan sushi dengan jollof. Ya, jollof sushi!

Ini Dia <i>Jollof Sushi</i> dari Afrika Barat yang Sedang Jadi PerbincanganFoto: Instagram africanchow

Jollof diletakkan di atas nori lalu dibalik. Bagian atas norinya kemudian diisi dengan potongan alpukat dan mentimun. Selanjutnya digulung dan dipotong hingga menyerupai sushi roll. Jullof sushi tersaji lengkap dengan satu mangkuk kecil shoyu.

Namun kreasi unik ini mendapat sambutan kurang baik dari warga Afrika lapor Metro UK (17/6). Banyak netizen yang berkomentar dengan nada sarkastik. Salah satunya akun Twitter @Just_Wale menuliskan komentar, " Pertama tama... Itu bukan Jollof dan kedua kenapa kamu melakukan itu pada Jollof rice?!!"

Komentar senada juga datang dari akun @aaabbyyo. "Anda tahu Anda bisa dituntut karena hal ini," tulisnya.

Ini Dia <i>Jollof Sushi</i> dari Afrika Barat yang Sedang Jadi PerbincanganFoto: Instagram africanchow

Sebenarnya sudah banyak kreasi sushi unik yang hadir di beberapa negara. Seperti sushi fushion ala California. Di Indonesia sendiri sushi fushion hadir dalam beragam varian.

Seperti sushi dengan paduan cream cheese, sambal roa hingga sushi goreng yang renyah dengan paduan saus creamy.

Baca juga: Beda dengan Sushi Autentik, Begini Cara Menikmati Sushi Fusion
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com