Mudik ke Madiun, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-oleh Enak Ini

Devi Setya - detikFood Senin, 18 Jun 2018 14:15 WIB
Foto: Istimewa
Madiun - Mudik ke Madiun kurang lengkap jika tak membawa oleh-oleh. Ada banyak makanan khas Madiun yang enak, termasuk sambal pecelnya.

Madiun yang masuk kawasan Jawa Timur ini punya sederet kuliner ngangeni. Beberapa kudapannya bahkan bisa dijadikan oleh-oleh.

Sebelum kembali ke tanah rantau, bawa oleh-oleh enak dari Madiun untuk dibagikan ke rekan tetangga. Berikut 5 rekomendasinya.

1. Brem

Mudik ke Madiun, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-oleh Enak IniFoto: Istimewa

Brem jadi oleh-oleh yang pertama harus dibeli. Selain enak dan unik, brem ini adalah salah satu ikon kuliner Kota Madiun. Brem terbuat dari sari ketan yang difermentasi, rasanya manis asam dan mengeluarkan sensasi dingin di mulut.

Brem asal Madiun memiliki bentuk kotak pipih dengan warna putih sedikit kekuningan. Dahulu brem hanya punya rasa original tapi sekarang produsen brem sudah membuat varian brem mulai rasa strawberry, cokelat, keju dan lain sebagainya.

Baca juga : Mampir ke Jepara, Ini 6 Oleh-oleh yang Harus Dibawa Pulang!

2. Sambal pecel

Mudik ke Madiun, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-oleh Enak IniFoto: Istimewa

Kalau ketagihan dengan enaknya pecel Madiun, jangan lupa membawa sambal pecelnya sebagai buah tangan. Sambal kacang yang gurih legit ini banyak dijual sebagai oleh-oleh.

Biasanya sambal pecel ini dijual dalam bentuk padat, saat akan digunakan tinggal tambahkan air hangat. Sambal ini enak dijadikan pelengkap makan, bukan hanya untuk pecel saja. Sambal pecel Madiun enak diguyurkan pada mie goreng atau bahkan cocolan gorengan.

3. Kerupuk puli

Mudik ke Madiun, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-oleh Enak IniFoto: Istimewa

Di Madiun ada kerupuk khas yang biasa disebut kerupuk puli atau kerupuk lempeng. Bahan dasar untuk membuat kerupuk ini adalah nasi.

Kerupuk ini mudah ditemui di pusat oleh-oleh. Tersedia dalam bentuk mentah maupun yang sudah digoreng.

4. Madu mongso

Mudik ke Madiun, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-oleh Enak IniFoto: Istimewa

Jajanan khas Madiun yang ini punya rasa manis dan tekstur lengket, namanya madu mongso. Bahan baku utamanya adalah ketan hitam yang diolah jadi tape lalu dimasak bersama campuran gula dan santan.

Sekilas madu mongso mirip seperti dodol. Madu mongso dikemas cantik dengan bungkus kertas minyak warna-warni. Madu mongso juga selalu jadi suguhan spesial saat hari raya seperti lebaran.

Baca juga : Lewat Kuningan, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-oleh Khasnya!

5. Roti bluder

Mudik ke Madiun, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-oleh Enak IniFoto: Istimewa

Di madiun ada roti tradisional yang punya rasa klasik. Kuliner legendaris ini sudah ada sejak 1889. Roti bluder cokro milik Nyonya Susana adalah yang paling terkenal.

Roti Belanda yang dikreasikan dengan selera lokal ini punya berbagai varian rasa mulai kismis, keju, kacang, abon dan lainnya. Roti ini awet sampai 6 hari jadi bisa dijadikan oleh-oleh maupun bekal selama perjalanan.

(adr/odi)