Begini Lho Cara Benar Makan Pizza Neapolitan Khas Italia

Devi Setya - detikFood Senin, 18 Jun 2018 13:30 WIB
Foto: iStock/Istimewa Foto: iStock/Istimewa
Italia - Makan pizza pakai pisau dan garpu ternyata keliru. Lalu bagaimana cara orang Italia asli makan pizza?

Dilansir dari The Daily Mail (18/6), seorang chef mengungkapkan cara makan pizza klasik a la Italia. Bukan dengan pisau garpu ataupun dipotong-potong. Cara ini mungkin belum pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

Baca juga : Karakter Anda Bisa Terbaca dari 6 Cara Makan Pizza Ini

Begini Lho Cara Benar Makan Pizza Neapolitan Khas ItaliaFoto: iStock/Istimewa

Adalah Chef Stefano Cirene, pemilik restoran pizza Verace Pizzera yang dinobatkan sebagai restoran pizza terbaik di Australia pada 2017. Chef Stefano Cirene membeberkan cara makan pizza klasik Italia yakni pizza Neapolitan.

Untuk memastikan topping pizza tidak berantakan dan tumpah, Stefano Cirene mengatakan pizza harus dilipat dulu menjadi bentuk seperti dompet. Setelah pizza terlipat, bisa langsung dimasukkan mulut dan dimakan.

"Pada dasarnya Anda perlu melipat bagian pinggir pizza, sisi kiri dan kanan harus terlipat. Oleh karenanya pizza klasik memiliki tekstur lembut. Tidak boleh renyah," kata Stefano kepada News Corp.

Begini Lho Cara Benar Makan Pizza Neapolitan Khas ItaliaFoto: iStock/Istimewa

Orang-orang Napoli selalu melipat pizza yang disantapnya. "Itu adalah makanan tradisional yang dimakan sambil bepergian, hampir sama seperti sandwich atau portafoglio (yang berarti dompet)," lanjutnya.

Baca juga : Tak Perlu Garpu dan Pisau, Begini Cara Makan Pizza Italia yang Benar

Dengan cara makan seperti ini, topping maupun saus pizza tidak akan berjatuhan dan berantakan. Topping tetap pada tempatnya dan bisa dinikmati pada setiap gigitan.

Cara seperti ini berlaku untuk makan pizza Italia yang memiliki adonan kulit tipis dan lentur. Lupakan garpu dan pisau makan, ambil pizza, lipat menjadi dua kemudian lipat lagi dan nikmati pizza sambil beraktivitas.

(adr/odi)