Rekomendasi Tempat Makan

Mudik Ke Wonosobo, Mampir ke 5 Tempat Ini Untuk Cicip Mie Ongklok

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 16 Jun 2018 17:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kalau jalan-jalan ke pegunungan Dieng jangan lupa cicipi makanan uniknya. Mie ongklok dengan kuah kental enak dimakan hangat.

Mie ongklok merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Wonosobo. Mie yang dimasak dengan kuah kaldu ini disajikan bersama dengan kol dan daun kucai. Campuran mie dan sayuran tadi dicelup-celup selama beberapa menit dalam air mendidih. Teknik ini disebut dengan diongklok.

Ciri khasnya mienya lentur mulur dan disajikan dengan kuah kental dari kaldu yang diberi bumbu dan larutan kanji.

Disantap hangat-hangat, sajian mie ini biasanya dinikmati malam hari saat udara Dieng terasa dingin. Tertarik mencicipnya? Anda bisa langsung datang ke sini!


1. Mie Ongklok Longkrak
Mudik Ke Wonosobo,  Mampir ke 5 Tempat Ini Untuk Cicip Mie OngklokFoto: Istimewa
Setelah turun dari Dieng Plateau, Anda bisa langsung mampir ke kedai mie ongklok yang satu ini. Lokasinya ada di Jalan Pasukan Ronggolawe No. 14, Wonosobo. Mie ongklok racikan Pak Waluyo enak dan legendaris. Pasalnya, warung ini sudah berdiri sejak tahun 1975.

Cuaca yang dingin memang enaknya mencicip semangkuk sajian mie yang hangat. Mie yang mulur dipadu dengan kol dengan paduan sate sapi berbumbu kacang yang sedap. Kuahnya kental dengan sensasi rasa manis gurih. Wajib coba!


2. Mie Ongklok Pak Muhadi
Mudik Ke Wonosobo,  Mampir ke 5 Tempat Ini Untuk Cicip Mie OngklokFoto: Istimewa
Ada di jalan Ahmad Yani No. 1, Wonosobo. Rumah makan mie ini selalu ramai dipadati pengunjung. Sambil menunggu pesanan, Anda pun bisa ngemil tempe kemul dan geblek yang ada di setiap meja. Semangkuk mie ongklok disajikan dengan irisan kol dan bertopping bumbu sate. Kuahnya kental dan enak!

Semakin mantap karena disantap dengan semangkuk sate sapi dengan paduan bumbu kacang yang gurih nikmat!


3. Mie Ongklok Bu Umi
Mudik Ke Wonosobo,  Mampir ke 5 Tempat Ini Untuk Cicip Mie OngklokFoto: Istimewa
Lokasinya ada di Jalan Masjid Kauman Utara, Wonosobo. Mie ongklok racikan Bu Umi ini terkenal enak. Mie kuning ditambahkan dengan kol yang sudah rebus, kemudian diguyur dengan kuah 'jenang' yang dibuat dari tepung kanji. Ditabur dengan cincangan daun kucai, taburan bawang goreng dan potongan cabai rawit hijau.

Makan mie ongklok makin lengkap dengan tambahan sate sapi. Nyam, enak!


4. Resto Ongkok Wonosobo
Mudik Ke Wonosobo,  Mampir ke 5 Tempat Ini Untuk Cicip Mie OngklokFoto: Istimewa
Datang ke daerah Wonosobo memang wajib cicip ini. Mie ongkol dengan sate dan tempel kemul khas Wonosobo. Dimakan hangat-hangat, mie ongklok enak dinikmati dengan kol rebus, tempe kemul hingga tambahan sate yang sedap enak.

Bukan seperti warung sederhana biasa. Resto ini juga memiliki fasilitas lain seperti ruang olahraga hingga tempat bermain. Mau mampir?


5. Bakso dan Mie Ongklok Pak Suko
Mudik Ke Wonosobo,  Mampir ke 5 Tempat Ini Untuk Cicip Mie OngklokFoto: Istimewa

Berbeda dengan mie ongklok yang lain. Di Bakso dan Mie Ongklok Pak Suko yang beralamat di Jalan Dieng KM. 18, Kejajar, Wonosobo. Mie kuning yang diongklok dengan kol rebus dan disiram kuah jenang kental makin enak disandingkan dengan bakso yang empuk kenyal. Aduh, sedapnya!


6. Mie Ongklok Slamet
Mudik Ke Wonosobo,  Mampir ke 5 Tempat Ini Untuk Cicip Mie OngklokFoto: Johanes Randy
Turun temurun hingga empat generasi. Mie Ongklok ini letaknya di depan loket bus Sinar Jaya, Terminal Mandala atau Mendolo. Sayur kol direbus dengan mie kuning yang diongklok makin enak dipadu dengan kuah kental yang gurih enak. Apalagi dipadu dengan sate yang manis gurih.

Baca juga: Liburan ke Dieng, Coba Mie Ongklok Resep Empat Generasi Ini (sob/odi)