Hidangan Lebaran

Cegah Tubuh Melar dengan Batasi Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Lebaran

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 15 Jun 2018 10:05 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Lebaran bukan berarti Anda bisa 'balas dendam' melahap semua makanan. Agar badan tak melebar dan tetap sehat, batasi konsumsi makanan ini.

Aneka hidangan Lebaran memang menggoda selera, tapi pastikan mengonsumsinya dalam batas wajar kalau tak ingin badan melebar dan tetap sehat. Lima jenis makanan ini sebaiknya tak terlalu banyak dikonsumsi.

Cegah Tubuh Melar dengan Batasi Konsumsi 5 Makanan Ini Saat LebaranFoto: Istimewa

1. Gulai
Gulai cincang, gulai otak, gulai tunjang jadi salah satu pilihan pendamping ketupat. Sajian ini mengandung santan dan jeroan yang sama-sama tinggi kalori dan bisa memicu kolesterol. Pada dasarnya makanan bersantan seperti gulai disarankan untuk dikonsumsi sekali habis dan tidak dipanaskan. Konsumsinya bahkan hanya direkomendasikan seminggu sekali sehingga tidak baik dimakan terus menerus selama musim Lebaran.

2. Opor
Opor juga sebaiknya dibatasi konsumsinya. Bukan hanya ayam, banyak orang menambahkan tahu, kentang atau telur dalam opor yang membuat nilai kalorinya bertambah. Perlu diperhatikan penggunaan banyak santan pada opor juga membuat hidangan ini dapat memicu kolesterol, terlebih jika opor sudah dipanaskan sebelumnya.


3. Rendang

Cegah Tubuh Melar dengan Batasi Konsumsi 5 Makanan Ini Saat LebaranFoto: shutterstock
Yang juga perlu diwaspadai adalah konsumsi rendang. Tak terasa Anda bisa melahap potongan demi potongan lauk khas Minang ini. Padahal rendang seukuran 2,5 cm saja bisa mengandung sekitar 335 kalori. Ini karena rendang dimasak dengan banyak bumbu dan santan dalam waktu lama. Jadi batasi juga konsumsi rendang ya!


4. Sambal goreng hati dan ampela

Cegah Tubuh Melar dengan Batasi Konsumsi 5 Makanan Ini Saat LebaranFoto: iStock
Sambal goreng hati dan ampela mengandung jeroan yang tinggi kalori dan kolesterol. Apalagi biasanya potongan kentang turut ditambahkan dalam sajian ini. Sebagai informasi, dalam 100 gram hati sapi mengandung sekitar 132 kalori. Sebaiknya jadikan sambal goreng hati dan ampela pelengkap makanan secukupnya saja.


5. Kue Lebaran

Cegah Tubuh Melar dengan Batasi Konsumsi 5 Makanan Ini Saat LebaranFoto: Istimewa
Bukan hanya hidangan gurih yang perlu dibatasi konsumsinya. Sering kali di rumah atau saat berkunjung ke rumah kerabat, Anda melahap kue Lebaran. Mulai dari nastar, kastangel hingga putri salju. Melahap satu buah kue ini memang tak mengapa, tapi masalahnya sering kali orang kebablasan. Sebagai informasi rata-rata per keping kue Lebaran mengandung sekitar 25 kalori. (sob/odi)