Hidangan Lebaran

Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Ingin Makan dengan Keluarga di Restoran Saat Lebaran

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 14 Jun 2018 16:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Acara kumpul keluarga di hari raya bisa Anda rayakan dengan makan di restoran. Biasanya restoran penuh dan tenaga yang melayani terbatas.

Ada beberapa restoran yang buka di hari raya. Sehingga Anda bisa mengajak keluarga untuk makan bersama. Tapi sebelumnya Anda perlu memperhatikan lima hal ini. Agar pengalaman bersantap Anda dan keluarga sukses dan lebih menyenangkan. Apalagi kalau Anda membawa seluruh keluarga untuk makan bersama.

1. Lokasi dan konsep restoran
Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Ingin Makan dengan Keluarga di Restoran Saat LebaranFoto: Istimewa
Ini salah satu hal yang perlu Anda perhatikan. Anda perlu memperhitungkan berapa waktu yang dibutuhkan untuk sampai di restoran yang diinginkan. Sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda.

Kalau ingin ke tempat yang lebih jauh, pastikan konsepnya ramah anak. Sehingga pas untuk dijadikan tempat makan dan berkumpul bersama keluarga. Pilih restoran yang punya tempat yang luas. Agar si kecil nyaman saat makan bersama keluarga besar.

2. Cek menu yang tersedia
Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Ingin Makan dengan Keluarga di Restoran Saat LebaranFoto: Istimewa
Saat datang bersama keluarga apalagi di hari lebaran, menu perlu Anda perlajari sebelumnya. Pastikan menu yang tersedia sesuai dengan lidah keluarga Anda. Sebaiknya pilih menu tengah agar dapat dimakan bersama. Jangan lupa pilih lauk yang bervariasi. Kalau tidak ingin repot, Anda bisa pilih restoran prasmanan (buffet). Sehingga semua anggota keluarga bisa memilih menu favoritnya.

Baca juga: Agar Tak Kalap Saat Makan Prasmanan Lakukan Trik Ini (1)

3. Jam operasional dan reservasi tempat
Walaupun restorannya buka saat Lebaran, biasanya jam operasionalnya berbeda saat di hari biasa. Umumnya restoran buka lebih siang dan tutup lebih cepat. Sebaiknya telpon pihak restoran dan pastikan jam bukanya. Selain itu, Anda juga bisa mengecek media sosial maupun situs resmi restoran untuk mendapat informasi tersebut.

Selagi mengecek jam operasional via telpon, Anda juga bisa sekaligus melakukan reservasi tempat. Agar Anda tidak perlu mengatre lama saat tiba di restoran sekaligus tidak khawatir tak mendapat tempat.

4. Cek pesanan
Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Ingin Makan dengan Keluarga di Restoran Saat LebaranFoto: Istimewa
Ada banyak menu yang dipilih jika makan bersama keluarga besar di restoran. Pastikan Anda mengecek semua pesanan yang dicatat pelayan. Hal ini dilakukan agar terhindar dari pesanan ganda maupun tidak tercatat. Dengar dengan seksama saat pelayan mengulang pesanan Anda.

5. Datang lebih awal
Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Ingin Makan dengan Keluarga di Restoran Saat LebaranFoto: Istimewa
Restoran yang buka saat lebaran tidak berarti akan sepi pelanggan. Karenanya, datanglah lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga. Hal ini juga memudahkan pelayan restoran untuk mengonfirmasi reservasi. Kalau sudah makan, jangan lupa berikan tip pada pelayan yang sudah dengan sigap melayani Anda dan keluarga, ya!

Baca juga: Mau Tetap Sehat Saat Makan di Restoran, Perhatikab Dulu 9 Tips Ini (1) (dvs/odi)