Hidangan Lebaran

Mengintip Hidangan Khas Lebaran dari Aceh Hingga Madura

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 14 Jun 2018 13:55 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tiap daerah memiliki sajian khas yang unik saat Lebaran. Ada bebek masak kurma dari Aceh hingga kellapate khas Madura.

Indonesia memang dikenal kaya akan masakannya yang beragam. Tak selalu rendang atau opor ayam, ada banyak sajian khas yang unik dan selalu jadi suguhan saat Lebaran di kota tersebut.

Misalnya saja Aceh, Madura, Betawi hingga Makassar yang ternyata punya hidangan nikmat. Apa saja ya? Berikut ini beberapa hidangan spesial Lebaran yang unik dari berbagai daerah.

1. Aceh
Mengintip Hidangan Khas Lebaran dari Aceh Hingga MaduraFoto: Istimewa
Di Aceh hampir semua masakannya memiliki rasa rempah yang nikmat dan kuat. Ciri khasnya adalah penggunaan daun temurui atau salam koja yang membuat rasanya agak berbeda.

Bebek gulai kurma yang dimasak agak lama ini punya rasa yang nikmat. Dengan kuah cokelat dan kental, rasanya sangat enak karena ditambahkan dengan bawang merah, bawang putih, cengkeh, pekak, biji pala hingga jahe.

Meskipun namanya bebek masak kurma, akan tetapi dalam proses pembuatannya tidak dicampurkan buah kurma sama sekali. Agar lebih enak, sebelum dimasak dalam kuah santan, bebek terlebih dulu dipanggang.

Sajian berkuah asal Aceh ini sangat cocok dimakan bersama dengan potongan ketupat.

Baca juga: Dapoe Aceh Melayu: Wangi Semerbak Bebek Masak Kurma dan Asam Keu'eung Bandeng khas Aceh

2. Makassar
Mengintip Hidangan Khas Lebaran dari Aceh Hingga MaduraFoto: Istimewa
Orang Makassar tak terasa Lebaran kalau tidak menyantap lauk ayam pasangan ketupat. Meskipun dikenal dengan daerah yang punya sajian seafood enak, tapi kalau Lebaran pastikan tak melewatkan menu yang satu ini.

Ayam gagape jadi salah satu favoritnya. Ayam gagape ini merupakan masakan dengan bahan santan dan juga ayam. Mirip seperti opor, proses memasaknya adalah mencampurkan potongan daging ayam bersama dengan rempah.

Ada bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas hingga kunyit bakar. Kemudian ditambahkan lagi dengan kelapa sangrai parut untuk hasilkan cita rasa yang gurih enak.

3. Pekalongan
Mengintip Hidangan Khas Lebaran dari Aceh Hingga MaduraFoto: Istimewa
Mudik ke Pekalongan, Anda akan disuguhkan dengan makanan khasnya. Lodeh terong plus kuah santan yang gurih bisa jadi pelengkap ketupat di hari Lebaran.

Dalam masakan ini, biasanya terong yang dicampurkan adalah jenis terong hijau. Selain itu yang berbeda dengan sayur lodeh umumnya adalah penambahan daun melinjo dan irisan bunga kecombrang yang wangi.

4. Madura
Mengintip Hidangan Khas Lebaran dari Aceh Hingga MaduraFoto: Istimewa
Lebaran identik dengan memasak aneka olahan daging sapi dan ayam. Namun di Madura, ikan justru jadi salah satu yang paling jadi incaran.

Potongan ikan tenggiri yang digoreng dan dimasak dalam kuah santan gurih ini disebut dengan kellapate. Untuk membuat masakan ini juga tergolong mudah. Cukup siapkan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, jintan, kencur dan terasi.
Kuahnya berempah sedap cocok jadi siraman ketupat saat Lebara


5. Jakarta
Mengintip Hidangan Khas Lebaran dari Aceh Hingga MaduraFoto: Istimewa
Orang asli Jakarta (Betawi) juga punya masakan khas yang enak. Semur dengan kuah cokelat kehitaman ini enak dipadu bersama sayur ketupat.

Semur bisa dibuat dengan bahan daging sapi, ayam, tahu, tempe hingga telur. Namun untuk Lebaran, kebanyakan orang membuat semur daging sapi.

Bumbu yang digunakan terdiri dari merica, kapulaga, kayu manis, cengkeh, daun salam hingga bawang putih dan merah. Dimasak dengan api kecil sehingga menghasilkan kuah yang kental dan 'nyemek'.

Jangan lupa padukan dengan bencok atau kering kentang yang dimasak dengan ebi.

Baca juga: Resep Daging: Semur Betawi (dvs/odi)