Hidangan Lebaran

Mau Beli Ketupat dan Lontong Matang? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 14 Jun 2018 11:45 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Jika tak sempat membuat sendiri, kini di pasar tradisional banyak sekali penjaja ketupat dan lontong matang. Sebelum membeli perhatikan hal penting ini.

Sejak 2 hari ini banyak penjaja kulit kerupat di pasar tradisional. Juga ketupat dan lontong yang sudah matang. Dilihat dari segi praktisnya, memang sangat menolong persiapan hidangan lebaran.

Tak perlu menunggu berjam-jam, lontong dan ketupat bisa langsung dikonsumsi. Apalagi harga nya relatif murah beriksar Rp 3.000 - Rp 5.000 per buah. Namun, saat akan memesan atau membeli, ada baiknya perhatikan hal ini.


Mau Beli Ketupat dan Lontong Matang? Perhatikan Dulu 5 Hal IniFoto: detikfood

1.Tampilan daun dan janur
Lontong dan ketupat yang bagus kualitasnya bisa dilihat dari kemasannya. Untuk lontong jika pembungkus daunnya rapi, rapat dan ukuran hampir sama berarti lontong cukup bagus dibuatnya.

Sedangkan untuk ketupat matang, pilih yang memakai janur kuning dan bukan daun kelapa hijau. Pilih yang ukurannya sama, karena akan punya tekstur yang sama.

2. Tekstur
Banyak penjual lontong dan ketupat yang menambahkan air abu berlebihan. Bahkan ada pula yang memakai boraks atau bahan terlarang. Tujuannya agar teksturnya kenyal dan tahan lama.

Cobalah tekan-tekan lontong dan ketupat dari ujung ke ujung. Jika terasa sangat keras bahkan membal serta tak ada aroma nasi bisa jadi memakai bahan terlarang.

Mau Beli Ketupat dan Lontong Matang? Perhatikan Dulu 5 Hal IniFoto: detikfood

3. Pesan pada penjual yang teruji kualitasnya
Paling aman tentu memesan pada penjual yang sudah Anda kenal, sudah pernah Anda cicipi produknya. Lontong dan ketupat meskipun ahak kenyal biasanya teksturnya tetap lembut dan tidak membal.

Pesan H-1 sebelum disajikan agar mendapatka lontong dan ketupat yang segar atau baru.

4. Simpan di kulkas
Agar tak cepat basi, lontong dan ketupat matang bisa diangin-anginkan. Tetapi agar lebih aman, bungkus saja dalam kantong plastik dan simpan di lemari es. Lontong dan keupat bisa tahan 2-3 hari.

Mau Beli Ketupat dan Lontong Matang? Perhatikan Dulu 5 Hal IniFoto: detikfood

5. Menghangatkan ketupat dan lontong
Agar teksturnya kembali lembut, kukus lontong dan ketupat selama minimal 30 menit sebelum disajikan. Uap panas akan membuat lontong dan ketupat kembali lembut. Biarkan hingga hangat, potong-potong dan sajikan dengan lauk dan sayur gurihnya.

(odi/odi)