Hidangan Lebaran

Mau Bikin Lontong? Yuk, Simak 4 Tips Penting Ini!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 14 Jun 2018 09:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Lontong juga jadi pendamping hidangan Lebaran yang nikmat. Sebelum membuatnya, lihat dulu tips ini.

Tak perlu beli, Anda bisa bikin sendiri lontong yang praktis untuk Lebaran. Dalam 15 menit lontong bahkan bisa matang. Agar lontong terasa empuk lembut dan aromanya harum, tips berikut bisa dijadikan panduan.

1. Daun pisang
Mau Bikin Lontong? Yuk, Simak 4 Tips Penting Ini!Foto: Istimewa
Memilih daun pisang yang tepat jadi kunci sukses pembuatan lontong. Sebaiknya pilih daun pisang batu yang lembut dan harum. Kalau tak ada, bisa pakai daun pisang biasa asalkan Anda melemaskan daun sebelum dipakai. Caranya bisa dengan dijemur sebentar di bawah matahari atau panggang sebentar di atas api kompor. Pilih daun pisang yang muda dan besar. Selanjutnya potong-potong dan lap hingga bersih.

2. Aronan nasi
Mau Bikin Lontong? Yuk, Simak 4 Tips Penting Ini!Foto: Istimewa
Selanjutnya siapkan nasi aron untuk membuat lontong. Pilihlah jenis beras pulen seperti pandan wangi atau rojolele. Cuci bersih beras kemudian rebus dengan air secukupnya sampai setengah masak alias jadi aronan. Air yang dipakai kira-kira 2 cm di atas permukaan beras. Setelah itu, angkat aronan nasi dan dinginkan. Cara ini menjamin lontong lebih cepat matang dan lebih lembut nantinya.

3. Bungkus lontong
Siapkan selembar daun pisang, taruh sekitar 2-3 sendok makan aronan nasi di sisian daun yang warnanya hijau gelap. Gulung hingga rapih dan padat lalu sematkan lidi di dua ujung-ujungnya. Lontong pun siap direbus.

4. Pakai pressure cooker
Mau Bikin Lontong? Yuk, Simak 4 Tips Penting Ini!Foto: Istimewa
Cara praktis memasak lontong adalah menggunakan pressure cooker. Anda cukup menyusun potongan lontong dalam wadah pressure cooker lalu set tombol 'Rice.' Waktu memasak yang dibutuhkan kurang lebih 15 menit. Bahan dan cara membuat lontong praktis bisa diintip di sini. Kalau mau pakai panci biasa, waktu merebus lontong kira-kira sekitar 1-2 jam. (dvs/odi)