Hidangan Lebaran

Ini 4 Tips untuk Membuat Gulai Ayam yang Gurih Sedap

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 14 Jun 2018 05:02 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Selain rendang, gulai ayam juga bisa jadi lauk ketupat lebaran. Kuahnya yang gurih berempah makin enak dimakan dengan ketupat.

Gulai ayam khas Minang jadi salah satu makanan favorit banyak. Selain bisa disuguhkan sebagai teman makan nasi, gulai ayam juga enak dimakan bersama ketupat. Untuk membuat gulai ayam yang gurih meresap bumbunya beberapa hal ini perlu Anda perhatikan.

Baca juga: Katupe Hingga Dendeng Balado Jadi Menu Istimewa Orang Minang Saat Lebaran

Ini 4 Tips untuk Membuat Gulai Ayam yang Gurih SedapFoto: iStock/Pitik Jowo

1. Ayam kampung atau ayam jantan
Gulai ayam yang enak tekstur dagingnya empuk tetapi tidak hancir, masih kokoh sedikit liat. Karenanya gunakan jenis ayam kampung yang muda dan gemuk. Atau ayam jantan yang agak besar. Potong ayam menjai 4 atau 8 bagian. Cuci bersih lalu perciki dengan air jeruk nipis sambil temas-remas agar aromanya segar.

Ini 4 Tips untuk Membuat Gulai Ayam yang Gurih SedapFoto: iStock

2. Bumbu gulai
Bumbu gulai sebaiknya gunakan yang segar. Bisa meracik sendiri atau beli bumbu segar siap pakai. Giling bumbu hingga halus benar. T

umis bumbu dengan minyak kelapa hingga wangi dan berbutir halus. Tambahkan daun jeruk hingga daun kunyit, salam, serai dan aduk hingga harum dan matang.

Ikuti 4 Tips Ini Kalau Mau Buat Gulai Ayam Enak!Foto: Istock
3. Gunakan Santan Segar
Setelah bumbu ditumis, masukkan potongan ayam aduk sampai kaku baru tunagi santan encer dan asam sunti. Gunakan santan segar agar rasanya gurih manis dan masak dengan api kecil hingga mendidih dan ayam hampir lunak

Terakhir masukkan santan kental dan masak sampai kuahnya mengeluarkan minyak dan berwarna oranye

Ini 4 Tips untuk Membuat Gulai Ayam yang Gurih SedapFoto: detikcom


4. Tambahkan daun kari
Untuk menambah aroma, tambahkan beberapa lembar daun kari. Masak hingga daun kari atau salam koja layu. Atoma wangi daun kari menjadi ciri khas gulai ayam.

Baca juga: Ini Cara Bikin Gulai Telur yang Gurih Enak untuk Teman Makan Ketupat! (dvs/odi)