Waduh! Restoran Ini Biarkan Pengunjung Panggang Roti Sendiri

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 07 Jun 2018 12:59 WIB
Foto: Instagram rustica_hq
Jakarta - Sebuah restoran di Australia mendapat penilaian buruk dari pengguna Reddit. Pasalnya restoran tersebut membiarkan pengunjung memanggang roti sendiri.

Saat ini di wilayah Melbourne memang banyak hadir restoran berkonsep unik bahkan bergaya hipster. Walau demikian, restoran Rustica justru mendapat cemoohan dari warga Australia lantaran membuat konsep 'hipster'.

Restoran yang menyediakan beragam roti lezat itu menyediakan pemanggang roti di tiap meja makan. Alasannya agar para pengunjung bisa memanggang rotinya sendiri. Bukannya mendapat respon positif, ide tersebut justru mendapat cemoohan.

Waduh! Restoran Ini Biarkan Pengunjung Panggang Roti SendiriFoto: Reddit
Baca juga: Begini Nih Tampilan Menu Makanan Rumah Sakit di Australia hingga Jerman

Rustica viral lantaran situs Reddit.com mengunggah foto meja makan kayu lengkap dengan mesin pemanggang roti dengan judul, "Melbourne telah sampai pada puncah hipster. Di kafe wilayah Fitzroy ini, Anda harus memanggang roti Anda sendiri".

Ratusan netizen mengomentari unggahan tersebut. Komentar pedas datang dari salah satu pengguna Reddit, "Dan saya yakin Anda harus membayar lebih untuk merasakan 'pengalaman' itu. Selanjutnya apa? Anda harus membayar kafe untuk melaksanakan pekerjaannya?"

Waduh! Restoran Ini Biarkan Pengunjung Panggang Roti SendiriFoto: iStock
"Versi [BBQ Korea] ala Australia," tulis lainnya. Bahkan ada yang mengaku tidak ingin mengeluarkan kocek lebih hanya untuk memanggang sarapannya sendiri.

"Saya tidak akan membayar $10 (Rp 130 ribu) hanya untuk membuat sarapan sendiri," tulis salah satu netizen yang geram.

Walau mendapat tanggapan negatif dari netizen. Ternyata ada dua pilihan dalam menu 'toast your own bread' di sana. Pertama pengunjung bisa memilih untuk memanggang rotinya sendiri atau meminta sang pelayan untuk memanggangkannya.

Tersedia mentega, selai kacang hingga vegemite di meja jika pengunjung memilih untuk memanggang roti sendiri. Sedangkan kalau pengunjung meminta pelayan untuk memanggang, pelayan akan menanyakan tingkat kematangan roti panggang yang diinginkan.

Waduh! Restoran Ini Biarkan Pengunjung Panggang Roti SendiriFoto: Instagram rustica_hq
"Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan ini (roti panggang) seperti yang Anda inginkan. Dipanggang sebentar atau dipanggang hingga garing," tutur salah satu pelayan Rustica bernama Lucy Wiseman pada The Age (4/6).

Berdasarkan keterangan manager restoran, kebanyakan pengunjung memilih dipanggangkan oleh pelayan daripada memanggangnya sendiri.

"Beberapa kali saya menawarkan hal itu (memanggang roti sendiri) pada pengunjung dan mereka hanya memesan roti panggang," tutur Drew Gibbs selaku manager Rustica.

Baca juga: Unik! Restoran Ini Sediakan Pistol Air Bagi Pengunjung Untuk Usir Burung Camar (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com