Begini Kesibukan Mbak Tutut Masak Rendang Buntut untuk Menu Sahur

Erwin Dariyanto - detikFood Selasa, 05 Jun 2018 16:16 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Seperti ibu lainnya Mbak Tutut, putri sulung mantan presiden Soeharto juga sibuk mengurus keluarga saat bulan puasa. Termasuk masak rendang spesial.

Lama tak terdengar kiprahnya di bidang politik, Siti Hardijanti Indra Rukmana, yang akrab disapa Mbak Tutut punya kegiatan sendiri. Menyanyi, momong cucu dan memasak. Tiga aktivitas itu yang kini dilakoni Mbak Tutut selepas sang ayah mendiang Soeharto tak lagi menjadi Presiden RI.

Seperti para ibu umumnya, Mbak Tutut yang dikenal ramah menebar senyum manis, juga memasak menu sahur istimewa buat keluarga.
Begini Kesibukan Mbak Tutut Masak Rendang Buntut untuk Menu SahurFoto: dok. detikFood
Beberapa waktu lalu detikFood berbincang dengan Mbak Tutut terkait kegiatannya menyiapkan menu buka puasa maupun sahur bagi keluarganya. "Saya masak, kamu belum tahu kan saya bisa masak," kata Mbak Tutut pada Jumat (18/5) lalu di kediamannya di jalan Yusuf Adi Winata, Menteng, Jakarta Pusat.

Ketika itu di meja makan tersaji aneka ikan dan ayam goreng, dilengkapi lalapan juga sayur. Untuk menu yang disajikan di meja makan, Mbak Tutut mengikuti permintaan anggota keluarga.

Pada Senin (4/6/2018) malam kemarin misalnya, tiba-tiba Tutut kepikiran ingin masak rendang buntut. "Aku tuh pengin bikin rendang buntut buat buka puasa besok," tuturnya saat ditemui usai tarawih di kediaman mendiang Presiden Soeharto di jalan Cendana, Menteng, Jakarta Pusat.
Begini Kesibukan Mbak Tutut Masak Rendang Buntut untuk Menu SahurFoto: dok. detikFood
Rencananya Mbak Tutut baru akan masak pada Selasa siang untuk persiapan berbuka. Namun ternyata saat pulang kembali ke rumahnya di jalan Yusuf Adiwinata, bahan-bahan untuk membuat rendang buntut sudah lengkap tersedia di dapur.

Dengan masih mengenakan baju gamis hitam dipadu kerudung merah, Senin menjelang tengah malam itu Mbak Tutut ke dapur membuat rendang buntut. "Karena buntutnya sudah dapat, jadi tak masak sekarang deh. Dari pada bau," katanya sambil terus mengaduk rendang buntut di wajan besar.
Begini Kesibukan Mbak Tutut Masak Rendang Buntut untuk Menu SahurFoto: dok. detikFood
Mbak Tutut mengaduk satu wajan rendang buntut untuk menu sahur keluarga besarnya. "Buat anak-anak dan cucu-cucu juga semua pada seneng," kata putri sulung mendiang Presiden ke-2 RI Soeharto itu.

Apa sih resep rendang Buntut Mbak Tutut?

"Bumbunya ya wakeh (banyak). Lain kali tak kasih tau deh," jawab Tutut sambil melempar senyum manis.

Aroma wangi santan kelapa beradu dengan semerbak rempah bumbu rendang menguar di seluruh ruangan dapur yang besar. Wah, sedapnya!
Begini Kesibukan Mbak Tutut Masak Rendang Buntut untuk Menu SahurFoto: dok. detikFood
Seperti diketahui membuat rendang perlu waktu minimal 7 jam. Perlu diaduk dengan konsisten hingga minyak kelapa oranye wangi keluar dari bumbunya.

Hasilnya, memang menggiurkan! Buntut sapi menjadi cokelat pekat dengan genangan minyak yang oranye harum. Terbayang gurih enaknya rendang buntut ini. Apalagi disantap saat sahur dengan nasi hangat!




Nih, Aksi Mbak Tutut Masak Rendang untuk Sahur, selengkapnya di 20Detik

[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)