Rekomendasi Buka Puasa

Hidangan Sunda Sedap Bisa Disantap di 5 Restoran di Jakarta Ini

Devi Setya - detikFood Minggu, 03 Jun 2018 13:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mumpung masih libur asyiknya buka puasa di restoran Sunda dengan keluarga tercinta. Tak perlu pergi jauh, di Jakarta juga banyak rekomendasinya.

Deretan menu Sunda enak seperti nasi timbel, nasi liwet, ayam goreng sunda hingga sayur asem memang menggoda selera. Apalagi dilengkapi dengan sambal terasi dan lalapannya. Hmm pas banget buat menu buka puasa.

Di Jakarta, ada beberapa restoran sunda yang menawarkan menu istimewa khas tanah pasundan. Berikut 5 rekomendasinya.

1. Sambel Hejo Sambel Dadak
Hidangan Sunda Sedap Bisa Disantap di 5 Restoran di Jakarta IniFoto: Istimewa
Restoran sunda ini berlokasi di kawasan Tebet. Menu makanan sundanya terkenal enak. Ada nasi liwet, gurame cobek, ayam goreng sunda dan lain sebagainya.

Sesuai dengan namanya, tempat makan ini juga dikenal dengan rasa sambalnya yang pedas juara. Makan makanan sunda tanpa lalap rasanya kurang pas ya? Makanya restoran ini menyajikan lalap yang cukup komplet mulai mentimun, kemangi hingga terung hijau.

Sambel Hejo Sambel Dadak
Jl. Tebet Timur Dalam 2 No 34, Tebet
Jakarta Selatan
Telepon : (021) 8292675

Baca juga : 5 Rumah Makan Sunda di Depok Ini Cocok untuk Kumpul Bareng Keluarga

2. Gubug Udang Situ Cibubur
Restoran yang satu ini bisa memanjakan penggemar makanan sunda sekaligus pencinta seafood. Menunya mulai gurame goreng, udang oseng pete, kakap pindang gunung, sayur asem, pencok leunca dan masih banyak lagi.

Sebagai cocolan teman makan lalapan, restoran ini punya banyak varian sambal mulai dari sambal terasi, sambal cobek, sambal tomat, sambal kecap hingga sambal tolenjeng. Lokasinya di dekat bumi perkemahan Cibubur juga memberikan kesan asri dan menenangkan.

Gubug Udang Situ Cibubur
Bumi perkemahan dan Graha Wisata Pramuka
Jl. Bumi Perkemahan Cibubur
Jakarta Timur
Telepon : (021) 84304874

3. Waroeng Sunda
Hidangan Sunda Sedap Bisa Disantap di 5 Restoran di Jakarta IniFoto: Istimewa
Buka puasa bareng keluarga dengan menu gurame saus mangga, cah kangkung, karedok dan balado jambal asin memang paling mantap. Apalagi berbuka puasanya dengan es kopyor dan es punclut. Sluuurp!

Restoran ini juga terkenal selalu ramai pengunjung. Jadi saat ingin menyambanginya pastikan datang lebih awal atau membuat reservasi ya.

Waroeng Sunda
Jl. Panjang No 57, Green Ville
Jakarta Barat
Telepon : (021) 56985777

4. Seeng Nini
Kalau mau menikmati suguhan nasi gurih a la sunda, bisa datang ke Seeng Nini yang punya nasi liwet dan nasi timbel beraroma harum. Lauk khas sunda yang jadi andalan juga banyak mulai ayam goreng, ikan asin, sayur asem hingga tumis oncom leunca.

Restoran ini juga punya area tempat makan lesehan yang bisa jadi tempat berkumpul. Sambal dan lalapannya jangan lupa dicoba ya, pedasnya mantap.

Seeng Nini
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 61, Tebet
Jakarta Selatan
Telepon : (021) 22008186

Baca juga : Di Jakarta Barat Bisa Cicip Nasi Timbel hingga Gurame Goreng di 4 Resto Sunda Ini

5. Saung Rawa Lele
Hidangan Sunda Sedap Bisa Disantap di 5 Restoran di Jakarta IniFoto: Istimewa
Melipir sedikit ke kawasan Kalideres, ada restoran sunda yang tak boleh dilewatkan. Saung Rawa Lele siap memanjakan lidah dengan menu khas sunda yang beragam.

Pilihan menunya cukup banyak dan banderol harganya juga terjangkau. Ada ragam olahan ikan, cah kangkung, sayur asem, sayur genjer dan pastinya lalapan bersama sambalnya.

Saung Rawa Lele
Jl. Peta Barat (samping pasar modern rawa lele)
Kalideres Jakarta Barat
Telepon : 085775845658 (dvs/odi)