Hidangan Lebaran

Belanja Alat dan Bahan Kue Lebaran di Toko Bahan Kue di Jakarta

Devi Setya - detikFood Jumat, 01 Jun 2018 16:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Hidangan Lebaran
Jakarta - Jika berniat membuat kue kering lebaran di rumah, bisa dimulai sekarang. Sebelum bikin, sebaiknya belanja bahan dan alatnya dulu.

Di Jakarta, ada beberapa toko bahan kue yang bisa jadi tujuan saat memerlukan alat dan bahan pembuatan kue. Salah satunya di Toko Titan yang berlokasi di Jalan Fatmawati, JakartaSelatan.

Toko ini sudah cukup ternama, jadi banyak orang sengaja datang mencari bahan baku maupun alat untuk membuat kue. Saat detikFood menyambangi toko ini (31/5) suasana toko cukup ramai oleh pembeli.
Belanja Alat dan Bahan Kue Lebaran di Toko Bahan Kue di Jakarta Foto: dok. detikFood
Baca juga : Mau Buat Kue? Ini 5 Toko Bahan Kue yang Lengkap

Berbagai alat dan bahan baku cukup lengkap di toko ini. Untuk alat, ada oven gas berbagai ukuran, mixer juga dengan kapasitas berbeda-beda. Di lorong rak loyang, toko Titan memiliki banyak pilihan loyang berbagai ukuran dan bahan.

Untuk kue kering, ada loyang datar yang ukurannya bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada juga loyang khusus untuk membuat kue lidah kucing. Deretan loyang ini harganya beragam mulai Rp 11.000 hingga Rp 24.000. Cukup terjangkau.
Belanja Alat dan Bahan Kue Lebaran di Toko Bahan Kue di Jakarta Foto: dok. detikFood
Ada juga berbagai cetakan kue kering, papper cup, spuit, plastik segitiga hingga spatula yang harganya beragam mulai dari Rp 10.000.

Sementara bahan baku utama untuk membuat kue kering maupun cake lebaran juga komplet tersedia. Beberapa yang tersedia misalnya tepung terigu serbaguna yang dibanderol seharga Rp 10.100 per kilogram, margarin Rp 23.000 per kilogram, gula halus Rp 27.000 per kilogram dan butter Rp 111.000 per kilogram.
Belanja Alat dan Bahan Kue Lebaran di Toko Bahan Kue di Jakarta Foto: dok. detikFood
Sementara di deretan bahan pelengkap, juga keju berbagai merek dan ukuran kemasan. Mulai kemasan standar seberat 175 gram sampai 180 gram banderol harganya Rp 17.200 sampai Rp 22.200. Sedangkan keju cheddar ukuran 2 kilogram harganya Rp 115.000 sampai Rp 175.000.

Ada juga aneka kacang mulai kacang tanah, kacang mete hingga kacang almond yang tersedia dalam berbagai ukuran kemasan. Ada yang masih utuh, slice hingga cincang. Aneka kacang ini harganya Rp 50.000 hingga Rp 235 ribu. Kacang-kacang ini bisa jadi campuran dalam cookies kacang maupun pelengkap kue kering.

Untuk cooking chocolate ada banyak sekali pilihan cokelat yang dijual, ada jenis compound dan couverture. Cokelat juga tersedia dalam pilihan white, milk maupun dark chocolate. Buat glasur hiasan, ada cokelat warna-warni dengan aroma dan rasa buah .

Untuk cokelat ini, kemasannya tersedia mulai ukuran 100 gram hingga ukuran 1 kilogram.
Belanja Alat dan Bahan Kue Lebaran di Toko Bahan Kue di Jakarta Foto: dok. detikFood
Sementara kalau mau membuat nastar namun tak sempat membuat selai nanas isiannya, maka di sini ada yang sudah jadi. Ya, selai nanas siap pakai bisa didapat di toko ini. Harganya Rp 47.000 per kilogram. Jadi tak perlu lagi repot membeli nanas, mengupas bahkan memasaknya jadi selai.

Oiya, toko ini juga menyediakan pernak-pernik hiasan kue bertema lebaran. Ada fondant dan marzipan berbentuk ketupat, bedug hingga ucapan selamat Idul Fitri. Biasanya hiasan kue ini jadi pelengkap cake lebaran yang bikin tampilannya makin manis.

Baca juga : Ini 4 Tips Menyiapkan dan Menyimpan Kacang untuk Campuran Kue

Tak sedikit orang yang berbelanja langsung dalam jumlah banyak, tampaknya untuk membuat kue yang akan dijual lagi. Kebanyakan pembeli juga datang membawa catatan daftar belanjaan yang harus dibeli. Tujuannya pasti agar tak lupa bahan apa saja yang harus dibeli, pasalnya saking banyak bahan baku kadang membuat orang bingung dan lapar mata.
Belanja Alat dan Bahan Kue Lebaran di Toko Bahan Kue di Jakarta Foto: dok. detikFood
Toko ini buka setiap hari mulai pukul 8.00 hingga 19.30 WIB. Sebagai saran, jika ingin datang ke toko ini jangan membawa kendaraan pribadi karena agak sulit mendapat tempat parkir terutama untuk mobil. Datang juga lebih awal agar toko masih kondusif dan bisa leluasa berbelanja.

Juga jangan sungkan bertanya pada pegawai toko soal bahan yang Anda butuhkan, pegawai akan membantu mencarikannya. Selamat berbelanja! (sob/odi)
FOKUS BERITA Hidangan Lebaran