Tak Sempat Masak? Pesan Makanan Online Saja Untuk Menu Sahur

Sonia Basoni - detikFood Senin, 28 Mei 2018 19:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Jika tidak sempat masak, atau menyiapkan santapan sahur. Pesan makanan online, bisa jadi solusi yang mudah sekaligus praktis ketika sahur.

Pesan makanan ketika sahur, tidak selalu harus fast food. Kini banyak restoran yang buka selama 24 jam, terutama ketika bulan ramadan. Hadirnya jasa transportasi online, juga semakin mempermudah layanan pesan antar makanan.

Baca Juga: Malas Keluar Rumah? Pesan Saja 4 Makanan Enak Ini
Tak Sempat Masak? Pesan Makanan Online Saja Untuk Menu SahurFoto: dok. detikFood
Kami pun tertarik untuk mencoba memesan makanan lewat aplikasi transportasi online ketika sahur. Setelah memilih beberapa restoran yang masih buka. Akhirnya pilihan pertama kami jatuh ke rumah makan 'Ayam Bakar Nasi Uduk' di wilayah Pancoran, Jakarta Selatan.

Di sana kami memesan Nasi Uduk dengan Ayam Bakar Madu (Rp. 32.000), Ikan Gurame Bakar (Rp. 27.000), serta Nasi Goreng (Rp.16.000). Kurang dari satu menit, pesanan kami langsung diterima oleh seorang driver ojol. Setelah itu, sekitar satu jam kemudian pesanan kami akhirnya sampai.
Tak Sempat Masak? Pesan Makanan Online Saja Untuk Menu SahurFoto: dok. detikFood
Semua masakan masih dalam keadaan hangat. Ayam bakarnya juga empuk, dan ikan bakarnya masih sedikit panas, dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam ikan. Nasi goreng juga dikemas dengan rapih, masih hangat dan dilengkapi kerupuk kanji.

Di waktu yang lain kami mencoba memesan makanan siap saji, dan tidak membutuhkan waktu lama. Kami sengaja memilih makanan Padang, karena semua makanan sudah tersaji. Apalagi banyak restoran Padang yang buka hingga 24 jam.

Kami memesan hidangan Minang, di Rumah Makan Padang Citra, yang terletak di Kemang, Jakarta Selatan. Sama seperti pemesanan pertama, kurang dari satu menit pesanan kami sudah diterima oleh driver ojol.
Tak Sempat Masak? Pesan Makanan Online Saja Untuk Menu SahurFoto: dok. detikFood
Pesanan kami untuk sahur berupa Cincang (Rp. 18.000), Gulai Ayam (Rp. 18.000), Dendeng (Rp. 18.000), dan Ikan Kembung (Rp. 15.000). Kali ini pesanan kami datang lebih cepat, kurang dari 30 menit pesanan sudah datang.

Ketika disajikan, porsi makanan cukup banyak. Seperti Cincang yang bisa disantap untuk dua orang. Potongan ayam gulai yang besar, lalu ikan kembungnya juga masih renyah. Dendengnya juga tidak kalah enak, apalagi dipadukan dengan nasi hangat. Menu makanan Padang ini, cocok sebagai menu sahur bersama keluarga.
Tak Sempat Masak? Pesan Makanan Online Saja Untuk Menu SahurFoto: dok. detikFood

Secara keseluruhan memesan makanan lewat online ketika sahur, cukup mudah dan praktis. Namun yang perlu diperhatikan adalah waktu pemesanan, serta makanan yang Anda pesan.

Jika Anda memesan makanan yang perlu dimasak lebih dulu, siapkan waktu sekitar 1-2 jam sebelumnya. Tergantung letak jarak dari restoran menuju rumah Anda. Hindari memesan makanan online jika waktu Anda sudah tak cukup. Terutama jika Anda memesan makanan yang letaknya cukup jauh dari lokasi rumah, bisa jadi makanan Anda baru datang setelah waktu imsak.

Kalau tidak suka menunggu, atau tidak memiliki banyak waktu. Anda bisa memesan makanan siap saji, yang tidak membutuhkan waktu lama. Makanan Padang bisa jadi alternatif menu yang cepat. Jika tidak suka makanan Padang, banyak restoran dengan menu prasmanan yang bisa jadi pilihan.
Tak Sempat Masak? Pesan Makanan Online Saja Untuk Menu SahurFoto: dok. detikFood
Selain itu, agar tidak terburu-buru, Anda bisa merencanakan makanan yang akan dipesan untuk sahur. Banyaknya pilihan restoran di aplikasi, membuat kita bingung dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menentukan pilihan.

Banyak restoran yang mengadakan promo selama bulan puasa. Mulai dari paket makanan, potongan harga, hingga gratis ongkos kirim. Anda bisa mengeceknya lebih dulu, untuk mendapatkan promo menarik.

Baca Juga: Makin Enak! Cukup Panaskan 5 Makanan Sisa Semalam Ini Buat Lauk Sahur (sob/odi)