Hidangan Lebaran

Mau Bikin Kue Kering Sendiri? Agar Sukses Perhatikan 6 Hal Ini Ya!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 28 Mei 2018 17:50 WIB
Foto: Istock
FOKUS BERITA Hidangan Lebaran
Jakarta - Jelang Lebaran, para ibu ingin mencoba membuat kue kering sendiri. Namun, membuat kue kering tak semudah yang dibayangkan. Perhatikan dulu 6 tips ini!

Kue-kue kering akan tersaji di meja tamu selama Lebaran. Bentuknya yang imut dan rasanya yang gurih dan manis paling pas disajikan sebagai pelengkap saat kumpul keluarga hingga saudara. Jika ingin mencoba membuat nastar, kaastengels dan putri salju sendiri, bisa dengan mempehatikan beberapa tipsnya.

Dengan memperhatikan resep hingga persiapan alat yang baik, tentunya kue kering yang Anda buat hasilnya akan enak dan sempurna. Dan pastinya lebih hemat.

Baca juga: Mau Kue Kering Renyah dan Enak? Lakukan 8 Hal Penting Ini Saat Membuat Kue (1)

1. Pastikan resepnya terpercaya
Mau Bikin Kue Kering Sendiri? Agar Sukses Perhatikan 6 Hal Ini Ya!Foto: Istock
Sebagai panduannya, Anda bisa mengikuti resep yang sudah teruji dan terpercaya. Salah satu yang bisa diandalkan adalah buku resep yang sudah teruji. Dengan mengikuti langkah yang tertera dalam resep, Anda juga bisa menyiapkan bahan atau alat apa yang nantinya akan digunakan. Tentunya, membuat kue kering di rumah lebih terorganisir.

Pastikan Anda membaca resep pelan-pelan dan cermat. Dengan begitu, tidak ada bahan, alat atau pun langkah penting yang terlewat. Lebih baik lagi jika Anda membuat kue kering dengan resep yang sudah pernah Anda praktekkan. Keberhasilannya lebih besar.

2. Menakar bahan
Mau Bikin Kue Kering Sendiri? Agar Sukses Perhatikan 6 Hal Ini Ya!Foto: Istock
Kunci kesuksesan dalam membuat kue adalah menakar bahan sesuai dengan resep. Jika takaran bahan ada yang kurang atau lebih tentu tekstur kue kering bisa saja tidak garing, bahkan rasanya kurang seimbang. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan kue dengan suhu ruang dan takar bahan sebelum dicampurkan.

Menakar bahan bisa memakai sendok ukuran atau gelas ukuran atau yang lebih pasti dengan timbangan kue. Perhatikan takaran untuk benda cair dan benda padat.

3. Menyiapkan alat
Mau Bikin Kue Kering Sendiri? Agar Sukses Perhatikan 6 Hal Ini Ya!Foto: Istock
Ada beberapa alat yang harus Anda miliki untuk membuat kue kering di rumah. Salah satunya adalah oven, mixer,sendok ukur, loyang, wadah hingga spatula. Pastikan semua alat dicuci bersih dan dikeringkan sebelum dipakai. Jika akan membuat kue kering dalam jumlah banyak, pastikan And apunya minimal 4 loyang untuk dipakai bergantian memanggang kue.

4. Mengecek oven
Mau Bikin Kue Kering Sendiri? Agar Sukses Perhatikan 6 Hal Ini Ya!Foto: Istock
Untuk membuat kue kering, tentunya alat pertama yang wajib dimiliki adalah oven. Jenis oven yang dipilih tentunya seusai dengan kebutuhan masing-masing, ada oven yang ditaruh di atas kompor (otang), oven gas sampai oven listrik.

Ketika Anda memilih untuk menggunakan oven listrik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, sebaiknya cek oven dan panaskan terlebih dahulu sebelum memanggang kue, panggang di bagian tengah agar matang sempurna dan jangan sering-sering membuka tutup oven. Akan lebih baik jika oven dilengkapi dengan termometer sehingga suhu selalu tepat.

5. Gunakan cetakan kue kering
Gunakan cetakan khusus agar tak banyak membuang waktu. Selain itu, agar dapat lebih menghemat waktu dan tenaga, Anda bisa membuat satu adonan kue sekaligus dalam jumlah besar. Adonan kue mentah ini bisa disimpan dalam wadah tertutup di lemari es selama 1-2 hari.

Jika membuat kue kering dalam jumlah yang banyak. Anda juga perlu menyiapkan loyang yang cukup dan menggunakan dua oven untuk proses pemanggangan yang lebih cepat.

6. Pilih kemasan yang tepat
Mau Bikin Kue Kering Sendiri? Agar Sukses Perhatikan 6 Hal Ini Ya!Foto: Istock

Wadah kue kering bisa terbuat dari kaca, plastik ataupun akrilik. Jika memilih wadah plastik, sebaiknya pilih yang tebal dan tertutup rapat. Sedangkan untuk wadah berbahan akrilik dan kaca dinilai lebih bagus dan tahan lama tetapi harganya mahal.

Pastikan saat menaruh kue kering wadah yang digunakan sudah bersih dan kering. Sehingga kue kering bisa tetap renyah dan awet.

Baca juga: Agar Lebih Cantik, Kemas Kue Kering dengan Cara Ini (dvs/dvs)
FOKUS BERITA Hidangan Lebaran

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com