Rilis Gambar Tentang Royal Wedding, Perusahaan Cokelat Asal Jerman Ini Disebut Rasis

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 27 Mei 2018 11:26 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Perusahaan cokelat asal Jerman ini, dikritik karena disebut rasis. Karena membuat cokelat dalam gaun pengantin, dan menyebut nama Meghan Markle.

Meski telah resmi digelar, perayaan Royal Wedding masih menjadi pembicaraan. Berbagai brand makanan berlomba-lomba untuk merayakan Royal Wedding, dengan mengeluarkan produk khusus edisi terbatas atau iklan. Begitu juga yang dilakukan oleh perusahaan cokelat asal Jerman.

Baca Juga: Meghan Markle Ternyata Suka Sushi dan Fish Taco

Upaya perusahaan cokelat tersebut dalam merayakan Royal Wedding, justru mendapatkan kritik yang pedas. Dilansir Delish (25/05), perusahaan cokelat Super Dickmann's mengunggah foto cokelat mengenakan gaun pengantin, yang mirip dengan gaun Meghan Markle ke akun resmi Facebook mereka.

Rilis Gambar Tentang Royal Wedding, Perusahaan Cokelat Asal Jerman Ini Disebut RasisFoto: Istimewa

Sekilas memang terlihat tidak ada yang salah dengan foto tersebut. Namun, keterangan yang dituliskan oleh Super Dickmann's yang menimbulkan permasalahan.

"Apa yang kamu lihat? Bukankah, kamu juga ingin menjadi Meghan hari ini?" tulis keterangan di foto tersebut. Foto ini diunggah pada tanggal 19 Mei lalu, tepat saat pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle digelar.

Di bagian atas foto, terdapat tulisan dalam bahasa Jerman, "Ein schaum in weiƟ," yang jika diartikan berbunyi "Busa Putih" atau plesetan kata dari "Visi dalam warna putih".

Rilis Gambar Tentang Royal Wedding, Perusahaan Cokelat Asal Jerman Ini Disebut RasisFoto: Istimewa

Banyak netizen yang mengatakan bahwa iklan ini cukup rasis. Karena seperti diketahui, Meghan memiliki keturunan Afro-Amerika sehingga bukan keturunan orang putih asli. Super Dickmann's juga sengaja menaruh cokelat yang memiliki warna gelap, ke dalam gaun pengantin, seakan-akan menggambarkan sosok Meghan.

Setelah mendapatkan banyak kritik dari netizen, foto ini kemudian dihapus. Diikuti dengan permintaan maaf dari pihak perusahaan Super Dickmann's.

"Kami sangat minta maaf! Cokelat Super Dickmann's itu penuh warna dan beragam, jauh dari pemikiran rasis," tulis pihak perusahaan.

Rilis Gambar Tentang Royal Wedding, Perusahaan Cokelat Asal Jerman Ini Disebut RasisFoto: Istimewa

Namun, banyak netizen yang masih mengkritik hal ini. "Kampanye iklan yang menyedihkan, dan permintaan maaf yang menyedihkan. Saya berharap akan ada konsekuensi untuk perusahaan ini," tulis seorang netizen.

Sementara itu, perwakilan dari Super Dickmann's, Bernd Roessler telah merespon tentang kabar ini. Ia mengatakan bahwa perusahaannya tidak berpikir jauh sebelum mengunggah gambar tersebut. Lalu perwakilan perusahaan lainnya, menyebutkan bahwa tindakan ini cukup bodoh, dan memalukan untuk perusahaan mereka.

Baca Juga: Jelang Pernikahan, Ini Pola Makan yang Dijalani Meghan Markle (lus/lus)