Uenak Sedep! Berbuka Puasa dengan 'Sego Penek' Khas Purworejo

Rinto Heksantoro - detikFood
Minggu, 27 Mei 2018 09:11 WIB
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Buka puasa dengan kolak sudah biasa. Tapi kalau sedang ada di Purworejo Anda wajib berbuka dengan Sego Penek. Apa keunikannya yang bikin ketagihan?

Kuliner di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah punya keunikan tersendiri. Salah satu makanan yang menjadi rebutan jelang berbuka puasa adalah sego penek atau nasi penek yang berasal dari wilayah selatan Purworejo.

Hingga sekarang, belum ada yang tahu persis kenapa makanan selezat itu dinamakan sego penek. Namun menurut cerita, kuliner khas itu sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Bahkan masyarakat percaya jika sego penek kala itu menjadi asupan utama tentara Indonesia yang berjuang di wilayah selatan Purworejo.


Uenak Sedep! Berbuka Puasa dengan 'Sego Penek' Khas PurworejoSumirah yang berjualan sego penek dengan resep warisan leluhur. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Sego penek sendiri terdiri dari nasi dengan sayur nangka muda yang dimasak dengan resep khusus dan berbagai variasi seperti bumbu lodeh, bumbu manis dan kuah merah pedas.

Sebagai pelengkap, kita bisa memilih lauk daging ayam kampung atau jeroannya, tahu, tempe, telur bacem dan kemudian disiram dengan bumbu opor putih super kental nan gurih dan manis.

"Ya dari dulu namanya memang sego penek, nggak tahu siapa yang pertama kasih nama itu, sudah turun temurun dari nenek moyang. Yang bikin enak ya ini siraman kuah kentalnya," tutur pedagang sego penek, Sumirah (60) ketika ditemui detikcom di depan Pasar Jenar, Purwodadi, Sabtu (26/5/2018) sore.

Uenak Sedep! Berbuka Puasa dengan 'Sego Penek' Khas PurworejoAntrean pembeli yang membeli sego enek untuk berbuka puasa. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Pedagang yang sudah 30 tahun menjajakan kuliner khas itu selalu ramai diserbu pelanggan setiap sore jelang berbuka puasa. Ia sendiri mulai buka lapak sekitar pukul 15.00 wib.

Dengan harga satu porsinya antara 5 ribu hingga 20 ribu tergantung lauknya, dagangannya selalu ludes tak tersisa diserbu pembeli. Ia mengaku, sego penek asli dan paling lezat hanya di jual di daerah pasar Jenar, Kecamatan Purwodadi dan sekitarnya.

Uenak Sedep! Berbuka Puasa dengan 'Sego Penek' Khas PurworejoSayur nangka muda yang legit gurih, lauk wajib sego penek. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

"Alhamdulillah laris. Kalau harganya tergantung lauknya yang dipilih, kalau cuma pakai ayam suwir ya 5 ribu, kalau pakai dada ayam ya 20 ribu. Yang paling enak ya daerah sini, kan aslinya memang dari Jenar sini," lanjutnya.

Sementara itu, Fifi (36) salah satu pembeli yang sedari tadi ikut mengantre mengaku ketagihan dengan sego penek masakan bu Sumirah. Hampir setiap sore, ia selalu berjubel dengan pembeli lain untuk membawa pulang makanan khas lezat itu.

Uenak Sedep! Berbuka Puasa dengan 'Sego Penek' Khas PurworejoOpor yang gurih 'mlekoh' dan enaknya bikin ketagihan. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

"Iya ini beli nasi penek. Sering mas ke sini, hampir tiap sore sambil jalan-jalan. Rasanya enak, gurih pedes manis, harganya juga murah. Kalau daerah sini memang kuliner khasnya ini," kata Fifi sambil menenteng tas plastik berisi nasi penek untuk berbuka puasa.



Ingin mencoba menu olahan Timur Tengah saat berbuka puasa? Yuk simak videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)