Makan Sahur dengan Mie Instan? Tambahkan 4 Bahan Ini Agar Lebih Sehat!

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 22 Mei 2018 02:34 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Sedang berhemat di akhir bulan atau telat menyiapkan sahur? Mie instan bisa jadi penolongnya. Agar lebih sehat, racik mie instan dengan 4 cara ini!

Mie instan jadi makanan praktis yang sering disantap orang saat sahur. Akan tetapi karena hanya mengandung karbohidrat dan tinggi natrium, mie instan sering dikategorikan sebagai makanan tak sehat. Kalau Anda berencana bersantap dengan mie instan sahur nanti, sebaiknya lakukan 4 hal ini agar lebih sehat dan tak mudah lapar.

Baca juga: Ini Dia 7 Racikan Mie Instan Rumahan yang Bisa Bikin Ngiler!

1. Tambahkan sayuran

Makan Sahur dengan Mie Instan? Tambahkan 4 Bahan Ini Agar Lebih Sehat!Foto: iStock
Beberapa jenis sayuran seperti sawi hijau, brokoli, bokchoy, buncis, jamur, wortel hingga bayam bisa jadi campuran mie instan. Rebus mie instan dan campurkan sejumlah sayuran yang ada di lemari es. Ini bisa menambah serat dan juga vitamin serta mineral untuk tubuh. Sehingga ketika berpuasa seharian, tubuh tak lemas.

Untuk beberapa jenis sayuran yang memiliki tekstur keras sebaiknya rebus terlebih dahulu dan baru tambahkan mie instan. Sayuran lebih enak dipadu dengan mie rebus yang hangat dan gurih.

2. Beri protein

Makan Sahur dengan Mie Instan? Tambahkan 4 Bahan Ini Agar Lebih Sehat!Foto: iStock
Mie instan merupakan 100 persen sumber karbohidrat. Sehingga tidak disarankan untuk hanya mengonsumsi mie saja terutama saat sahur. Agar lebih seimbang dan lengkap gizinya, Anda bisa menambahkan protein berypa telur ayam, bakso sapi dan juga tahu. Rebus mie bersama kaldu dan tambahkan protein yang ingin Anda campur masak hingga matang.

3. Gunakan setengah bumbu

Makan Sahur dengan Mie Instan? Tambahkan 4 Bahan Ini Agar Lebih Sehat!Foto: iStock
Beberapa orang meyakini bahwa bumbu mie instan ini mengandung tinggi natrium. Untuk itu, Anda bisa mengurangi penggunaan bumbu instan. Kemudian menambahkan bumbu alami seperti bawang putih yang dicincang untuk dimasukkan ke dalam air rebusan. Bawang putih dikenal mengandung senyawa yang bisa memperkuat daya tahan tubuh.

4. Ganti kaldu

Makan Sahur dengan Mie Instan? Tambahkan 4 Bahan Ini Agar Lebih Sehat!Foto: iStock
Kalau mau lebih tinggi kandungan proteinnya, Anda juga bisa mengganti kaldu dengan susu atau stok kaldu ayam homemade. Dalam proses pembuatannya masak mie hingga setengah matang dan tiriskan air rebusannya. Jika ingin menggunakan susu, Anda bisa menggunakan 250 ml susu untuk 1 bungkus mie instan.

Namun jika Anda ingin menggunakan kaldu ayam buatan sendiri, bisa menggunakan setengah bumbu instan dan mengganti garam serta lada bubuk.

Baca juga: Mie Instan Boleh Dimakan Tiap Hari? Ini Saran Ahli Gizi (dwa/odi)