Yuk, Bikin Sendiri Kaldu Tulang Sapi yang Enak Untuk Sup dan Kuah Bakso!

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 20 Mei 2018 08:17 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kaldu tulang sapi bisa jadi bahan sup atau kuah bakso yang sedap. Kalau mau bikin sendiri caranya gampang dan bisa disimpan untuk stok.

Hidangan berkuah hangat seperti sup atau bakso selalu jadi favorit saat buka dan sahur. Apalagi jika kaldu sapi Anda siapkan sendiri. Selain lebih murah rasanya juga lebih gurih alami.

Jika akan membuat sendiri, sebaiknya buat stok beberapa liter sehingga saat membutuhkan tinggal melumerkan secukupnya saja. Ikuti beberapa tips berikut ini.

Yuk, Bikin Sendiri Kaldu Tulang Sapi yang Enak Untuk Sup dan Kuah Bakso!Foto: detikfood

1. Tulang kaki sapi
Di pasar tradicional banyak dijual kaki sapo di bagan daging segar. Biasanya sudah bersih dan dijual per buah Rp 10.000. Anda bisa membeli 2-3 tulang kaki ini dan minta penjualnya memotong menjadi dua bagian.

Tulang sapi akan membuat rasa kaldu gurih enak. Apalagi dari dalam tulang bisa diambil sumsumnya. Kaldu jadi lebih gurih alami. Cuci bersih tulang ini sebelum direbus.

2. Merebus
Didihkan air dalam panci besar, masukkan tulang sapi. Jika suka bisa ditambahkan potongan tulang iga atau lemak sapi. Masak dengan api kecil. Angkat kotoran dan busa yang ada di permukaan kaldu, didihkan terus dengan api kecil hingga kaldu jadi bening dan gurih aromanya.

Yuk, Bikin Sendiri Kaldu Tulang Sapi yang Enak Untuk Sup dan Kuah Bakso!Foto: Fox News

3. Sumsum
Keluarkan sumsum dari bagian tengah tulang dan sisihkan tulangnya. Rebus kembali kaldu selama beberapa saat lalu angkat dan dinginkan.

4. Bumbu
Bumbu bisa direbus bersama tulang atau tambahkan sesuai dengan jenis masakan yang Anda buat. Untuk kaldu bakso, tambahkan bawang putih yang dicincang dan ditumis hingga harum. Tambahkan lada bubuk dan garam secukupnya.

Untuk kuah sup bisa ditambahkan bawang bombay cincang yang ditumis, pala dan merica bubuk serta garam secukupnya. Tambahkan sayuran sesuai selera.

Yuk, Bikin Sendiri Kaldu Tulang Sapi yang Enak Untuk Sup dan Kuah Bakso!Foto: iStock

5. Menyimpan
Jika akan menyimpan kaldu ini, sebaiknya simpan dalam kemasan 500 ml sehingga tak harus seluruh kaldu dilumerkan saat akan dipakai. Taruh kaldu dalam kantong plastik tebal dan simpan dalam freezer hingga membeku. Kaldu ini tahan disimpan hingga sebulan.

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com