Ini Tips Bikin Soto Ayam yang Gurih Enak Buat Berbuka Puasa

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 19 Mei 2018 12:10 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Soto ayam berkuah kuning atau bening enak dinikmati hangat untuk berbuka. Jika ingin bikin sendiri, coba perhatikan tips ini agar soto gurih enak.

Membuat soto ayam tak sesulit yang Anda bayangkan. Karena soto ayam sebenarnya jenis sup tradisional yang hanya memerlukan proses perebusan saja. Kalau sore ini ingin sajikan soto ayam enak buat berbuka puasa bersama keluarga, cobalah perhatikan beberapa tips penting ini.

1. Jenis ayam
Yang paling enak dibuat soto ayam sebenarnya ayam betina yang sudah tak bertelur. Meski ukurannya besar tetapi lapisan lemaknya akan membuat kaldu soto lebih enak. Ayam ini beratnya sekitar 1.5 kg - 2 kg. Jika tak ada bisa dipakai ayam negeri dengan ukuran berat sekitar 1 kg.

Pilihan lain yang tak kalah enak adalah ayam kampung. Hanya saja ayam kampung lebih mahal harganya. Pilih ayam kampung yang gemuk dengan lapisan lemak berwarna oranye kekuningan.

Ini Tips Bikin Soto Ayam yang Gurih Enak Buat Berbuka PuasaFoto: iStock

2. Merebus ayam
Potong ayam menjadi 4 atau 8 bagian dan setelah dicuci bersih, tiriskan hingga tak ada darah dan kotoran bersisa. Didihkan air banyak dalam panci, masukkan potongan ayam dan rebus dengan api kecil sementara Anda menyiapkan bumbunya.

3. Bumbu soto
Ada 2 jenis soto ayam, soto berkuah bening yang hanya dibumbui dengan kemiri, bawang merah, bawang putih dan lada. Ada juga jenis yang berkuah kuning memakai kunyit. Tumis bumbu halus ini hingga benar-benar matang, bergumpal kecil dengan aroma wangi. Tambahkan daun salam, serai, daun jeruk hingga wangi aromanya lalu masukkan ke dalam rebusan ayam.

Ini Tips Bikin Soto Ayam yang Gurih Enak Buat Berbuka PuasaFoto: Getty Images /Detikfood

4. Daging dan kaldu
Rebus ayam bersama kaldu dengan bumbu hingga meresap dan daging ayam empuk. Selanjutnya angkat potongan ayam dan tiriskan. Ayam bisa digoreng atau biarkan dalam bentuk rebusan. Agar lebih enak, cicipi kuah soto lalu saring dan tuangkan kembali ke dalam panci. Sementara itu suwir kasar daging ayam.

5. Pelengkap
Meski terlihat sepele pelengkap dan isian soto sebaiknya disiapkan terpisah. Seperti telur rebus, suun yang sudah diseduh, tauge yang sudah dibersihkan dan disiram air panas. Jangan lupa kecap, jeruk nipis, dan sambal rawit. Kalau ada bisa disiapkan lauk pelengkap seperti perkedel, bakwan sayuran, tempe dan tahu bacem serta kerupuk.

Ini Tips Bikin Soto Ayam yang Gurih Enak Buat Berbuka PuasaFoto: iStock

6. Resep
Jika ingin membuat soto ayam Kudus bisa lihat resep ini. (odi/odi)