Bukan Hanya Pasar Benhil dan Kramat Saja, 5 Tempat Ini Juga Bisa Jadi Lokasi Berburu Takjil

Devi Setya - detikFood Kamis, 17 Mei 2018 15:17 WIB
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Banyak yang spesial selama bulan Ramadan. Termasuk hadirnya pusat jajanan takjil yang khusus ada di bulan Ramadan saja. Yuk berburu takjil enak!

Di Jakarta ada beberapa titik pasar takjil dadakan yang tak pernah absen hadir setiap bulan puasa tiba. Yang terkenal memang pasar Benhil dan Jalan Kramat tapi sebenarnya masih banyak lokasi lain yang bisa disambangi.

Ragam kuliner seperti kolak, es campur, jajanan pasar, bakso, hingga makanan berat bisa didapat di pusat takjil ini. Tergoda? Berikut 5 pusat takjil di Jakarta yang bisa disambangi.

1. Masjid Sunda Kelapa
Bukan Hanya Pasar Benhil dan Kramat Saja, 5 Tempat Ini Juga Bisa Jadi Lokasi Berburu TakjilPusat jajanan takjil di depan Masjid Sunda Kelapa Jakarta/Foto: Istimewa
Masjid yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini tak pernah sepi saat Bulan Ramadan. Selain orang yang berbondong-bondong ibadah, banyak juga yang berburu kuliner.

Ya, tepat di depan Masjid Sunda Kelapa banyak pedagang makanan yang menawarkan makanan berbuka puasa. Beberapa diantaranya gorengan, roti maryam, lontong, bakso hingga sate padang yang menggoda selera.

Baca juga : Tak Sempat Bikin Takjil? Mampir Saja ke Pusat Jajan Takjil Ini!

2. Masjid Cut Meutia
Bukan Hanya Pasar Benhil dan Kramat Saja, 5 Tempat Ini Juga Bisa Jadi Lokasi Berburu TakjilPusat jajanan takjil di Masjid Cut Meutia/Foto: Istimewa
Masih di Jakarta Pusat, ada juga area sekitar masjid yang berubah saat bulan Ramadan. Tepatnya di kawasan Masjid Cut Meutia, foodies bisa berburu makanan berbuka puasa.

Makanan khas berbuka seperti kolak dan es campur bisa jadi pilihan. Tapi ada juga berbagai makanan enak mulai kue pancong, mie ayam, bubur ayam hingga bakso pentol yang enak dijadikan pengganjal perut.

3. Jalan Soka, Rawa Badak
Bukan Hanya Pasar Benhil dan Kramat Saja, 5 Tempat Ini Juga Bisa Jadi Lokasi Berburu TakjilFoto: Istimewa
Jalan Soka, Rawa Badak, Jakarta Utara ini juga tak kalah ramah saat sore hari di bulan Ramadan. Para penjual makanan sibuk menawarkan makanan enak yang bisa jadi menu berbuka puasa.

Mau makanan ringan, camilan, jajanan pasar hingga lauk matang bisa dibeli di sini. Jadi, kalau mau makan malam bisa sekaligus beli lauknya di pusat takjil ini.

4. Jalan Panjang
Bukan Hanya Pasar Benhil dan Kramat Saja, 5 Tempat Ini Juga Bisa Jadi Lokasi Berburu TakjilFoto: Istimewa
Buat yang ada di kawasan Jakarta Barat, ada pusat jajanan di Jalan Panjang, Kebon Jeruk. Jajanan mulai kolak, biji salak, bubur sum-sum, es pisang ijo dan gorengan bisa jadi menu berbuka puasa.

Harga yang ditawarkan juga terjangkau, jadi jangan takut kantung jebol karena belanja makanan di tempat ini. Saking ramainya pusat kuliner ini, tak jarang lalu lintas di dekat kawasan ini jadi macet.

Baca juga : Belanja Takjil di Pasar Ramadhan

5. Gandaria
Bukan Hanya Pasar Benhil dan Kramat Saja, 5 Tempat Ini Juga Bisa Jadi Lokasi Berburu TakjilIlustrasi jajanan takjil/Foto: Ari Saputra
Di Selatan Jakarta ada pusat takjil juga yakni di kawasan Gandaria. Menu makanan dan minuman manis bisa jadi menu berbuka puasa yang menggoda. Kolak, es buah, gorengan dan jajanan lain bisa diborong di pusat takji ini. (dvs/odi)
Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu

Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu