Belanja Makanan Ramadan

Agar Hemat Waktu, Bikin Stok Bacem Ayam yang Praktis Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 15 Mei 2018 09:47 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Memasak ayam untuk buka dan sahur bisa memakan waktu lama. Ada baiknya Anda siapkan bacem ayam yang enak dengan cara praktis ini.

Lauk siap santap atau setengah matang bisa jadi solusi selama bulan puasa. Seperti dendeng atau ayam ungkep. Sebagai salah satu pilihan Anda bisa menyiamkan bacam ayam sebagai stok lauk yang praktis.

Bacem ayam ini merupakan sajian ayam khas Jawa. Dimasak dengan bumbu yang manis gurih. Bisa digoreng atau dibakar dan dinikmati dengan sambal dan lalapan segar. Berikut ini beberapa langkah praktis yang bisa Anda lakukan.

Agar Hemat Waktu, Bikin Stok Bacem Ayam yang Praktis IniFoto: iStock

1. Ayam
Bisa dipakai jenis ayam negeri, ayam kampung atau ayam jantan. Potong menjadi 4 bagian atau 8 bagian lebih sesuai selera. Cuci bersih ayam lalu tiriskan.

2. Bumbu
Untuk membumbui 2 ekor ayam, siapkan bahan bumbunya. Berupa 10 butir bawang merah, 7 siung bawang putih, 1 sdt ketumbar sangrai, 1/2 sdt merica butiran, 30 g gula merah, sisir halus, 2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas, memarkan, dan 2 sdt garam.

Bahan lain yang perlu Anda siapkan adalah air kelapa untuk merebus ayam. Jumlah air kelapa bisa disesuaikan dengan jumlah ayam. Untuk 2 ekor ayam, gunakan 1.5 liter air kelapa. Air kelapa akan memberi rasa legit sedikit asam pada ayam.

Agar Hemat Waktu, Bikin Stok Bacem Ayam yang Praktis IniFoto: detikfood

3. Masak
Taruh potongan ayam dalam panci. Masukkan bumbu halus dan air kalapa. Jika ingin warna ayam lebih cokelat, gunakan gula aren yang agak gelap warnanya. Masak hingga ayam lunak dan air perebusnya tinggal sedikit. Angkat ayam dan dinginkan.

4. Simpan
Taruh potongan ayam dalam wadah bertutup lalu simpan dalam lemari es. Jika akan sisimpan selama lebih dari seminggu, simpan dalam freezer.

Agar Hemat Waktu, Bikin Stok Bacem Ayam yang Praktis IniFoto: iStock

5. Digoreng atau dibakar
Bacem ayam sudah matang sehingga proses menggoreng dan membakar hanya untuk membuat bagian luarnya garing dan lebih enak. Gunakan minyak panas dan banyak untuk menggoreng bacem ayam. Cukup goreng sebentar, karena ayam ini mengandung gula sehingga cepat gosong. Jika akan dibakar, panggang di atas bara api arang hingga sedikit kering dan harum aromanya. Sajikan dengan nasi hangat, sambal, lalapan segar atau tumis sayuran. (odi/odi)
Menu Ke-13 : Jelang Akhir Pekan Masak Soto Betawi dan Soto Padang yang Gurih Mantap

Menu Ke-13 : Jelang Akhir Pekan Masak Soto Betawi dan Soto Padang yang Gurih Mantap