Harga Vanilla​ Melambung​, ​Inggris Bakal Alami Krisis Es Krim​

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 08 Mei 2018 16:50 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Seperti diprediksi persediaan vanila dunia makin merosot. Kini harga vanilla kian mahal dan Inggris mulai mengalami kekurangan vanila. Bisa jadi terjadi krisis es krim vanila.

Vanilla terbuat dari tanaman bernama vanili yang biasanya sering digunakan dalam pembuatan kue sekaligus menjadi varian populer dari es krim. Selama dua tahun terakhir, harga bahan tanaman eksotis ini terus meroket di Inggris, dan kini harga vanilla mulai mempengaruhi produsen es krim di Inggris.

Baca Juga: Krisis Vanila Dunia Sebabkan Kelangkaan Es Krim Vanila di Inggris
Harga Vanilla Melambung, Inggris Bakal Alami Krisis Es KrimFoto: Istimewa
Dilansir dari Metro.uk (08/05), harga bubuk vanila sekitar £443 (Rp. 8.417.000,-) per kilogram. Harga ini jauh lebih mahal dari pasaran harga perak di Inggris.

Kenaikan harga vanilla ini mungkin tidak berdampak langsung bagi produsen es krim besar, tapi akan berdampak besar pada produsen es krim dengan skala produksi yang lebih kecil. Beberapa bahkan memprediksi bahwa akan sulit menemukan es krim dengan rasa vanilla di waktu yang akan datang.

Kenaikan ini berlangsung sejak bulan Maret lalu, saat badai angin topan menghantam Madagaskar, tempat mayoritas vanilla diproduksi. Badai ini menghancurkan sejumlah perkebunan vanili di sana, yang menyebabkan langkanya vanilla di pasaran.
Harga Vanilla Melambung, Inggris Bakal Alami Krisis Es KrimFoto: Getty Images / Oddono's Chiswick
Selain menghancurkan kebun, badai ini juga menyebabkan vanili gagal panen dan menurunkan kualitas vanili. Tingkat produksi vanili tahun ini berkurang hingga 30%,. Jika terus terjadi maka akan sulit menemukan vanilla di pasaran.

Menurut Ice Cream Alliance, vanilla telah menjadi varian es krim paling terkenal di Inggris selama beberapa dekade. Bahkan banyak varian es krim, yang menggunakan bahan dasar vanilla.
Harga Vanilla Melambung, Inggris Bakal Alami Krisis Es KrimFoto: Thinkstock
Sehingga kelangkaan vanilla ini cukup membuat penggemar es krim di Inggris khawatir. Apalagi menjelang musim panas di mana penjualan es krim di Inggris kerap meningkat.

Krisis vanilla ini bukan hal yang baru di Inggris. Sebelumnya di tahun 2017 lalu, Inggris juga sempat mengalami krisis es krim vanila yang menyebabkan beberapa toko gelato di London kehabisan varian es krim vanilla.

Baca Juga: Punya Es Krim Vanilla? Buat Saja 5 Kreasi Dessert Praktis dan Mudah Ini (sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com