Dipadukan dengan Hidangan China, Cognac Juga Bisa Ciptakan Kolaborasi Rasa Lezat

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 02 Mei 2018 16:03 WIB
Foto: Dok. Hennessy
Jakarta - Memadukan wine dengan hidangan China sudah sering dilakukan. Kali ini cognac yang berkarakter kuat dipadukan dengan hidangan China. Seperti apa rasanya?

Cognac merupakan sebutan untuk brandy yang berasal dari kota Cognac, Prancis. Minuman beralkohol ini terbuat dari buah anggur dan mengalami proses fermentasi seperti wine dan minuman beralkohol lainnya.

Menyebut cognac tak bisa meninggalkan Jes Hennessy & Co. Populer dengan produk cognac Hennessy yang dirintis oleh Richard Hennessey tahun 1765. Setiap tahun memproduksi 50 juta botol dan menguasai 40% pasar cognac dunia.

Menikmati cognac bukan saja 'on the rock' - dengan es batu atau dicampur dengan gingerale atau minuman ringan lainnya. Seiiring dengan berkembangnya gaya hidup, cognac mulai dinikmati sebagai pengiring santapan.


Dipadukan dengan Hidangan China, Cognac Juga Bisa Ciptakan Kolaborasi Rasa Lezat Foto: Dok. Hennessy

Secara khusus Hannessy memperkenalkan pengalaman baru pada foodie di Jakarta. Dengan memadukan Hennessy V.S.O.P very special old pale) dan Hennessy XO dengan hidangan China di 2 restoran berbintang di Jakarta. JIA Chinese Restaurant di Shangri-La Jakarta dan House of Yuen di Fairmont Hotel Jakarta.

Dalam perkenalan promosi Hennessy di Jakarta pekan lalu, Guillaume de Guitaut, Ambassador Maison Hennessy memberikan penjelasannya. 'Cognac punya karakter kuat dalam aroma dan rasa. Karenanya banyak orang menganggap cognac tak bisa dipadukan dengan makanan. Padalah bisa melengkapi bahkan menghadirkan citarasa baru. Sementara hidangan China yang segar, gurih, memakai paduan saus dan rempah dipilih sebagai paduan. Terlebih hampir semua orang di dunia menyukai hidangan China.

'Cognac Hennessy V.S.O.P yang light, dengan aroma aprokot, apel, cengkih dan kayumanis serta vanila, akan menguatkan cita rasa dan aroma masakan daging atau masakan berbumbu. Sedangkan hidangan seafood jika dipadukan dengan X.O yang telah memiliki karakter lebih pekat dan memiliki unsur floral, dapat semakin meningkatkan aftertaste yang segar. Selain itu, menambahkan sedikit X.O ke hidangan sup yang bernuansa ringan akan memberikan cita rasa dan aroma yang lebih kuat," tutup Guillaume.

Dipadukan dengan Hidangan China, Cognac Juga Bisa Ciptakan Kolaborasi Rasa Lezat Foto: Dok. Hennessy

Ingin mencicipi sensasi hidangan China dengan iringan kedua jenis Cognac Hennessy? Anda bisa mencicipi 2 paket menu di JIA Chinese Restaurant, di Hotel Shangri-la Jakarta atau House of Yuen di Hotel Fairmont Jakarta. Chef Christopher Chai dari JIA Restaurant menyiapkan dim sum platter dengan 3 hidangan lain seharga Rp 1.188.000++.

Sedangkan Chef Jeff Lee, House of Yuen, Hotel Faiemont Jakarta menyiapkan set menu terdiri dari 4 hidangan seharga Rp 1.200.000 ++ per orang. Semuanya disajikan dengan Hennessy V.S.O.P dan XO selama bulan Mei 2018. (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com