Ini 5 Fakta Menarik Soal Nando's, Gerai Fast Food Favorit Pangeran William

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 27 Apr 2018 12:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Makanan cepat saji memang punya banyak penggemar. Salah satunya Pangeran William. Ini beberapa fakta unik seputar gerai cepat saji favoritnya.

Beberapa waktu lalu, Pangeran William memberitahu makanan sekaligus gerai cepat saji favoritnya. Ia ternyata menyukai ayam buatan gerai cepat saji yang berbasis di Afrika Selatan bernama Nando's.

Pangeran William mengaku kalau ia tahu soal Nando's dari salah satu staf keamanannya. Saat ini sudah ada 300 cabang Nando's di Inggris. Ada beberapa fakta menarik soal gerai cepat saji yang satu ini. Lima diantaranya dibeberkan Daily Meal (26/4).

1. Pendiri Nando's

Ini 5 Fakta Menarik Soal Nando's, Gerai Fast Food Favorit Pangeran WilliamFoto: Instagram @nandosuk
Tidak ada yang akan menyangka kalau gerai cepat saji ini milik seorang insinyur. Pemilik Nando's adalah Fernando Duarte, seorang insinyur audio asal Portugis.

Awalnya ia melihat ada gerai ayam baru di wilayah Johannesburg. Duarte lalu meminta temannya bernama Robert Brozin untuk memeriksa restoran tersebut. Robert sendiri merupakan seorang pengusaha. Lalu mereka sangat menyukai sajian ayam di sana hingga Brozin berhasil membeli gerai tersebut di tahun 1987. Kemudian menamai gerai itu Nando's. Dalam kurun waktu kurang dari setahun, Brozin berhasil membuka 100 gerai Nando's di Afrika Selatan.

Baca juga: Ternyata Ini Gerai Makanan Cepat Saji Favorit Pangeran William

2. Ayam Peri Peri

Ini 5 Fakta Menarik Soal Nando's, Gerai Fast Food Favorit Pangeran WilliamFoto: Istimewa
Kesuksesan Nando's terletak pada cita rasa ayamnya. Ayamnya dimarinasi dalam saus Portugis yang lebih dikenal dengan sebutan peri peri atau piri piri selama 24 jam. Saus tersebut terbuat dari cabe rawit Afrika, bawang putih, dan lemon. Kemudian saus tersebut dilumuri pada daging ayam yang sedang dipanggang di api terbuka. Tiap gerai, punya pasokan ayam lokal dari masing-masing daerah. Karenanya gerai ini tidak menggunakan ayam beku.

3. Bekerjasama dengan ribuan petani lokal

Ini 5 Fakta Menarik Soal Nando's, Gerai Fast Food Favorit Pangeran WilliamFoto: BBC World
Bahan utama bumbu ayam khas Nando's adalah cabe rawit. Karenanya Nando's bekerjasama langsung dengan 1.400 petani di 18 daerah berkembang. Seperti Mozambik, Malawi, dan Zimbabwe.

Gerai ini juga memberi pelatihan soal teknik pertanian baru hingga bibit dan tempat yang penanaman yang pas. Sehingga para petani teredukasi dan mendapat pemasukan yang stabil dari Nando's.

4. Pemilik Nando's suka kebudayaan Afrika

Ini 5 Fakta Menarik Soal Nando's, Gerai Fast Food Favorit Pangeran WilliamFoto: Instagram @nandosuk
Walau berdarah Portugal, Brozin penyuka kesenian Afrika. Banyak gerai Nando's yang memajang beragam karya dari seniman Afrika Selatan. Seperti kerajinan tenun hingga manik-manik. Nando's bahkan jadi pembeli barang seni kotemporer Afrika Selatan terbesar.

5. Sausnya mudah dibuat

Anda bisa membuat ayam ala Nando's di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan lemon, bawang putih, dan saus dengan tiga tingkat kepedasan. Pedas sedang, pedas, dan extra pedas.

Baca juga: Resep Ayam Chicken Wings Piri Piri (dwa/odi)
Menu Ke-14 : Olahan Seafood Enak, Udang Bakar dan Sambal Kerang Dara

Menu Ke-14 : Olahan Seafood Enak, Udang Bakar dan Sambal Kerang Dara