Sajikan Dessert Bergambar Pulau Sengketa di Korea Utara Summit, Jepang Marah

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 26 Apr 2018 18:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Dessert yang disajikan pada Friday's summit dengan Korea Utara telah membuat marah Jepang. Dessert ini disebut "tawaran yang tidak menyenangkan".

Mango mousse yang dinamakan "Spring of the People" dalam foto publisitas. Tampilan dessert ini menggambarkan pulau-pulau kecil yang dikenal sebagai Takeshima di Jepang dan Dokdo di Korea, pulau-pulau yang kedaulatannya disengketakan oleh Tokyo. Keduanya ada di Laut Jepang yang disebut Seoul sebagai Laut Timur.

Sajikan Dessert Bergambar Pulau Sengketa di Korea Utara Summit, Jepang MarahTampilan dessert yang kontroversi. Foto: Istimewa

"Sangat disesalkan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Jepang pada Rabu (25/04). Ia menambahkan bahwa Jepang telah mengajukan protes mengenai tawaran yang kurang menyenangkan itu. "Kami telah meminta agar dessert itu tidak disajikan," ungkapnya.

Jepang mengeluh kepada Korea Selatan. Tentang penggemar yang melambai-lambaikan bendera dengan desain serupa di pertandikan ice hockey wanita yang terjadi baru-baru ini di Paralympics Musim dingin saat pertandingan gabungan antara Korea dan Swedia.

Kontroversi pahit datang ketika pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersiap untuk lakukan pertemuan diskusi senjata nuklir Pyongyang pada hari Jum'at.

Hubungan antara Korea dan Jepang telah lama rusak oleh perselisihan teritorial dan kemarahan atas penjajahan Jepang atas semenanjung Korea di masa lalu.

Tokyo juga memprotes patung-patung gadis Korea yang dipaksa bekerja di rumah bordir militer Jepang selama Perang Dunia II. Seoul mengatakan bahwa Tokyo belum meminta maaf atas tindakannya di masa perang.

Sajikan Dessert Bergambar Pulau Sengketa di Korea Utara Summit, Jepang MarahPerdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Foto: Istimewa

Akan tetapi, Moon dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah berjanji untuk datang ke front persatuan dan menekan Pyongyang untuk meninggalkan program nuklir dan rudalnya.

North-South summit di desa Panmunjom diperkirakan akan diikuti oleh Kim dan Presiden Trump pada bulan Mei atau Juni.

Baca juga: Intip Selera Makan Mewah Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (lus/odi)