Makanan Pesisir Jawa Tengah

Ke Kudus, Jangan Lupa Beli Jenang dan Mampir ke Museumnya Ya!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 23 Apr 2018 17:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Jenang tak pernah absen disajikan sebagai tanda rasa syukur dalam membuat suatu acara. Di Kudus, jenang tak hanya jadi oleh-oleh tapi juga wisata museum lho!

Jenang atau dodol merupakan makanan manis yang dibuat dengan beberapa bahan. Salah satunya adalah santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah dan garam. di Jawa Tengah, dodol dikenal dengan sebutan Jenang. Jika dilihat dari tampilan dan teksturnya, jenang lebih berminyak dan biasanya dijual dalam bentuk lempengan atau plastikan.

Baca juga: Sudah Tahu? Museum Jenang Pertama Ada di Kudus

Jenang kudus juga dibuat dalam beberapa variasi rasa. Ada original dengan rasa gula merah, moka, susu, nanas hingga durian. Saat berkunjung ke Kudus, Anda juga bisa membeli oleh-oleh jenang sebagai buah tangan.

Ke Kudus, Jangan Lupa Beli Jenang dan Mampir ke Museumnya Ya!Foto: Instagram Jenang Jaket Asli

Tak hanya bisa dibeli, Kudus juga memiliki meseum jenang. Museum ini disebut sebagai museum jenang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Lokasinya ada di Jalan Sunan Muria, 33, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Ke Kudus, Jangan Lupa Beli Jenang dan Mampir ke Museumnya Ya!Foto: detikTravel

Museum Jenang ini diprakarsai dan didirikan oleh salah satu perusahaan jenang di Kudus yaitu Mubarokfood. Di dalam museum ini juga diceritakan dengan media patung, bagaimana proses pembuatan jenang, perlengkapan yang digunakan dan juga kemasan yang digunakan.

Ke Kudus, Jangan Lupa Beli Jenang dan Mampir ke Museumnya Ya!Foto: detikTravel

Mulai dari sejarah bagaimana jenang muncul hingga bahan-bahan yang digunakan. Membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke sini. Nah, bagaimana tertarik datang?

Baca juga: Foto: Museum Jenang Pertama di Indonesia (lus/odi)