Waduh! Situs Belanja Online Ini Jual 1 Kg Pisang Rp 18 Juta

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 20 Apr 2018 13:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kini belanja jadi lebih praktis karena adanya situs belanja online. Tapi karena sistemnya berbasis komputer, pembeli dituntut untuk lebih cermat saat membeli.

Saat malas melanda, belanja online jadi pilihan praktis. Tidak perlu keluar rumah, tidak perlu mendorong keranjang belanja, dan tidak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk berkeliling di supermarket yang lumayan luas. Anda hanya memerlukan paket data dan kartu kredit untuk melakukan belanja online. Kemudian barang pesanan akan segera di antar ke rumah. Praktis dan sangat mudah.

Tapi sepertinya kini Anda harus cermat ketika belanja online. Pasalnya seorang wanita yang tinggal di Nottingham, Inggris, mengalami kejadian buruk saat berbelanja di situs belanja ASDA. Saat itu Bobbie Gordon memesan beberapa bahan makanan dari mulai pasta, sereal, sayur dan buah-buahan di sana.

Waduh! Situs Belanja Online Ini Jual 1 Kg Pisang Rp 18 JutaFoto: Istimewa
Namun ia terkejut saat melihat harga satu kilogram pisang yang ia beli. Pasalnya harga satu kilogram pisang dibanderol sebesar £930 (Rp 18.1 juta) lapor mirror.co.uk (19/4).

Awalnya ia menganggap situs tersebut salah menuliskan harga. Hingga ia pun tetap membeli pisang tersebut. Tapi ia terkejut saat mengetahui harga tersebut benar-benar harus ia bayar.

Beruntung pihak kartu kredit mengaudit ulang dan mengirim pesan pada Bobbie kalau ada transaksi mencurigakan. Karena transaksi terakhirnya mencapai £1,000 lebih (Rp 19.5 juta). Sehingga pembayaran tersebut akhirnya bisa dibatalkan.

Waduh! Situs Belanja Online Ini Jual 1 Kg Pisang Rp 18 JutaFoto: Istimewa
"Aku tidak berpikir kalau mereka akan benar-benar memberi tagihan (sebanyak itu) sampai aku mendapat pesan otomatis dari departemen penipuan kartu kreditku yang menanyakan soal transaksiku," tutur Bobbie.

Ia bahkan meledek anaknya yang berusia tujuh tahun dengan mengatakan, "Kamu pasti sangat menikmati pisang ini, kamu harus menikmati ini di setiap gigitan."

Mendengar kisahnya, pihak ASDA akhirnya angkat bicara. Mereka mengaku kalau kesalahan terjadi karena komputer yang eror.

Waduh! Situs Belanja Online Ini Jual 1 Kg Pisang Rp 18 JutaFoto: Istimewa
"ASDA menelponku dan meminta maaf padaku. Mereka mengatakan kalau hal ini terjadi karena komputer yang eror dan mereka sangat menyesal karena hal ini tidak terdeteksi pada sistem mereka," tutur Bobbie.

Salah satu jurubicara ASDA mengatakan, "Ups, sepertinya ada kesalahan di sini. Walau pisang kami bermutu tinggi, tapi kami setuju itu bukan (harga) yang sepadan dan jelas ini kesalahan pada sistem kami."

"Kami sangat berterima kasih pada nyonya Gordon atas kecermatannya dan melaporkan masalah ini pada kami dan kami sedang melakukan investigasi agar hal ini tidak akan terulang kembali," tambahnya.



(dwa/odi)