Makanan Pesisir Jawa Tengah

Hangat Gurih Nasi Pindang Kerbau Khas Kudus

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 19 Apr 2018 17:10 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Walau kota Kudus lebih dikenal dengan sajian sotonya, tapi kota ini punya nasi pindang yang tak kalah lezat. Nasi pindang khas kudus terbuat dari daging kerbau.

Bicara soal pindang, dalam kuliner lokal pindang punya arti bermacam-macam. Menurut pakar kuliner, mendiang Bondan Winarno, pindang bisa merujuk pada kuah pindang yang bening kekuningan dengan rasa asam segar, seperti pindang patin. Atau yang kuahnya kecokelatan bening seperti pindang iga atau pindang bandeng.

Pindang dengan kuah kecokelatan inilah yang jadi ciri khas nasi pindang Kudus. Pindang Kudus aslinya dibuat dari daging kerbau, karena sapi tidak lazim dikonsumsi oleh masyarakat Kudus pada masa lampau.

Baca juga: Anget-anget Sedep Mengudap Nasi Pindang Kudus

Hangat Gurih Nasi Pindang Kerbau Khas KudusFoto: detikfood
Karenanya di Kudus sulit mendapat daging sapi baik daging mentah maupun masakan siap saji berbahan daging kerbau. Seperti soto kerbau, sate kerbau, demikian juga pindang kerbau. Selain daging kerbau, jeroan kerbau juga biasa dipakai untuk isi pindang.

Tradisi ini ternyata memiliki sejarah yang panjang. Di masa lalu, Sunan Kudus ketika memulai syiar Islam di kawasan ini, tidak ingin melukai perasaan umat Hindu yang menganggap sapi sebagai satwa sakral atau suci. Karenanya Sunan Kudus melarang penyembelihan daging sapi untuk dikonsumsi. Sebagai gantinya, yang disembelih adalah kerbau.

Bumbu pindang kerbau ini mirip rawon jadi tidak heran kalau kuahnya berwarna kecokelatan. Bedanya, pindang ini biasa diberi santan encer, dan ditambahkan daun melinjo muda. Berdasarkan keterangan pakar kuliner, mendiang Bondan Winarno saat mencicipi pindang kerbau memiliki citarasa kluwek dan kemiri yang diimbangi dengan cantik oleh ketumbar dan jintan.

Penyajiannya juga khas, memakai pincuk atau piring beralas daun pisang dan memakai sendok daun pisang atau suru.

Di semua penjual nasi pindang di Kudus, berbagai lauk-pauk gorengan tersedia semeja penuh sebagai pendamping. Seperti tempe dan tahu goreng, paru goreng, perkedel kentang, dan sate telur puyuh.

Namun saat ini sudah banyak dijajakan pindang Kudus dengan daging sapi. Bagian daging sapi yang paling enak tentu saja lemusir, yang berselingan dengan lemak tipis. Kenyal-kenyal empuk dengan selingan lemak yang juicy.

(dwa/odi)