Morrissey Sebut Hewan Menderita Rasisme Karena Adanya Daging Halal

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 18 Apr 2018 17:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Morrissey, penyanyi asal Inggris sebut daging halal "jahat". Bahkan ia menyebut, hewan-hewan menderita rasisme karena adanya pelabelan daging halal.

Penyerangan Morrissey dimulai dari penentangan produksi daging halal. Ia menyebutkan bahwa praktek tersebut "jahat" dan mengklaim bahwa hak-hak binatang harus diutamakan sebelum agama. Mantan penyanyi The Smiths ini menyerang produsen daging halal yaitu Theresa May, Diane Abbott dan Sadiq Khan.

Morrissey Sebut Hewan Menderita Rasisme Karena Adanya Daging HalalFoto: dok Kiosplay

Menurutnya, penyembelihan halal melibatkan hewan hidup yang dipotong lehernya dan darahnya dikeringkan. Sebagian besar produsen daging halal mengejutkan hewan sebelum membunuh mereka, seperti yang mereka lakukan dalam produksi non halal. Untuk melakukan penyembelihan halal, orang harus menjadi muslim dengan sertifikat kompetensi dari Food Standards Agency dan bekerja di rumah potong hewan yang disetujui.

Baca juga: Album Baru Morrissey Dicoret dari Penjualan Online di Amerika Serikat

Bahkan dirinya dan aktivis binatang juga mengkritik perdana menteri Theresa May karena menyebut Idul Adha sebagai "perayaan gembira". Padahal ada jutaan hewan yang disembelih untuk merayakannya.

Penyanyi ini juga mengklaim bahwa hewan menjadi korban rasisme. "Kalau hewan tersebut berbicara bahasa Inggris, maka tidak akan ada yang memakannya," tutur Morissey.

Ia juga menambahkan bahwa rasisme adalah yang paling mengerikan dalam kaitannya dengan memakan hewan. Jika kamu memakan hewan, bukankah itu adalah suatu kebencian untuk spesies tertentu? Dan apa yang memberikan Anda hak untuk makan spesies atau ras lain? Maukah Anda memakan orang-orang dari Sri Lanka?

Morrissey Sebut Hewan Menderita Rasisme Karena Adanya Daging HalalFoto: iStock

Morrissey mengatakan dia telah memberikan dukungannya di luar politik. Karena ia kini masuk dalam anggota "pendekatan terbaik untuk kesejahteraan hewan".

"Jika Anda mencintai hewan, Anda benar-benar tidak dapat memilih Partai Buruh atau Konservatif. Berikan hewan istirahat. Sudah cukup untuk Anda. Biarkan mereka hidup," katanya dalam Standards.co.uk (18/04).

Baca juga: Supermarket di Inggris Ini Buat Tempat Khusus Daging Halal untuk Ramadan (lus/odi)
Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu

Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu