Luar Biasa! Konsumsi Kopi Warga Inggris Kini Capai 95 Juta Cangkir Per Hari

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 17 Apr 2018 13:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Warga Inggris kini sedang gemar menyesap kopi. Sebuah lembaga survei membeberkan total konsumsi kopi warga Inggris yang mencapai puluhan juta cangkir per hari.

Minum teh bagi orang Inggris sudah jadi budaya. Karenanya mereka mengenal 'Afternoon Tea' yang sudah jadi tradisi berabad-abad silam. Setiap harinya mereka terbiasa menikmati teh dengan aneka kue dan sandwich. Tapi semenjak kopi jadi tren, warga Inggris sepertinya lebih memilih untuk ngopi daripada ngeteh.

Baca Juga: Orang Inggris Kini Lebih Suka Ngopi daripada Minum Teh, Kenapa Ya?

Berdasarkan hasil penelitian British Coffee Association (BCA), konsumsi kopi di Inggris meningkat sebanyak 25 juta cangkir dalam satu dekade terakhir. Penelitian ini melibatkan dua ribu orang dewasa Inggris.

Luar Biasa! Konsumsi Kopi Warga Inggris Kini Capai 95 Juta Cangkir Per HariFoto: iStock
Dari dua ribu orang, hanya 6% orang yang mengaku tidak mengonsumsi kopi sama sekali. Sebanyak 65% sisanya mengaku menyesap kopi di rumah sedangkan 25% lainnya menyesap kopi di restoran, bar, dan kedai kopi.

"Dalam dekade terakhir, kami beralih dari negara penyesap teh yang menikmati kopi instan ke penikmat kopi yang menjelajahi beragam jenis kopi dan pengolahannya," tutur Chris Stemman selaku Direktur Eksekutif BCA.

Walau demikian, konsumsi kopi instan di Inggris juga tetap jadi favorit. Terlebih bagi warga berusia di atas 30 tahun ke atas. Dilansir metro.co.uk (16/4), kaum millenial berkontribusi sebesar 50% atas konsumsi kopi yang disediakan di restoran atau kedai kopi sedangkan generasi X (berusia 38-53 tahun) hanya berkontribusi sebesar 25% dan warga berusia di atas 72 hanya menyumbang angka sebesar 12%.

Luar Biasa! Konsumsi Kopi Warga Inggris Kini Capai 95 Juta Cangkir Per HariFoto: Istimewa
"Penelitian ini menunjukkan kalau generasi millenial minum kopi (instan) lebih sedikit daripada generasi yang lebih tua, mereka akan minum kopi lebih banyak saat menemukan kopi di restoran, bar, dan kedai kopi di mana lebih bernilai tinggi dan dibuat dengan sungguh-sungguh," tutur Chris.

"Kami secara historis telah menjadi negara peminum kopi instan dan jenis kopi lainnya dan penelitian menunjukkan kalau hal ini ditujukan untuk generasi yang lebih tua," tambahnya.

Dengan adanya tren ini, total belanja kopi warga Inggris mencapai 95 juta cangkir per hari. Jumlah itu melebihi konsumsi kopi di tahun 2008. Saat itu total belanja kopi warga Inggris hanya 70 juta cangkir per hari.

Baca Juga: Di Inggris, Secangkir Kopi Luwak Dijual 1 Juta Rupiah (dwa/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat