Ketika Dua Master Chef Beradu Memasak Sajikan yang Terenak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 16 Apr 2018 08:01 WIB
Foto: Chef Billy dan Chef Petty Elliot menerima plakat penghargaan dari ABC Kraft Heinz.(detikfood) Foto: Chef Billy dan Chef Petty Elliot menerima plakat penghargaan dari ABC Kraft Heinz.(detikfood)
Ubud - Chef Billy Kalangi dan chef Petty Elliot kali ini tak bertemu di meja makan tetapi di dapur. Tantangan memasak dari ABC ini menarik perhatian pengunjung UFF.

Tiap chef punya keahlian andalan sendiri, yang dipengaruhi banyak hal. Seperti pendidikan, pengalaman dan latar belakang budaya serta keluarga. Apa jadinya jika dua master chef asal Manado bertemu di dapur mengadu kebolehan memasak?

Chef Billy Kalangi dan chef Petty Elliot kemarin sore (14/4) ditantang oleh ABC Kraft Heinz untuk memasak dalam waktu 45 menit, Mereka tak perlu memikirkan bahan-bahannya. Karena semuanya disediakan ABC dalam Black Box ABC, Kedua chef tak tahu isi Black Box yang disodorkan.



Ketika Dua Master Chef Beradu Memasak Sajikan yang TerenakFoto: Apa ya kira-kira bahan yang ada dalam Balck Box? (detikfood)

Ternyata chef Billy mendapatkan kotak berisi ikan kakap merah utuh. Sementara chef Petty Elliot mendapatkan ayam kampung utuh. Kotak masing-masing dilengkapi dengan bumbu, sayuran dan sumber karbohidrat. Mereka tak harus memakai semua bahan di dalam kotak, tetapo harus menyajikan bersama sayuran dan sumber karohidrat. Yang pasti Kecap Manis ABC Perasan Pertama harus dipakai dalam masakan mereka.

Aba-aba diberikan dan keduanya dengan cekatan mengolah bahan utama. Chef Billy sibuk mencuci ikan. Sementara chef Petty sibuk memotong-motong ayam kampung, Penonton yang jadi supporter juga tak kalah riuh menyemangati kedua chef.

Ketika Dua Master Chef Beradu Memasak Sajikan yang TerenakFoto: Dua chef beradu cepat memasak makanan terneak dengan Kecap Manis ABC (detikfood)

'Saya mau bikin semur ayam. Tapi saya agak cemas karena ayam kampung biasanya harus dimasak 2 jam agar dagingnya lunak. Semoga dalam waktu kurang dari sejam bisa empuk ya,' ungkap chef Petty.

Untuk masakannya chef Blly menjelaskan,'Kakap merah ini saya bumbui sedikit lalu saya goreng utuh untuk disajikan nanti dengan sayuran dengan saus pesial.'

Kedua chef bekerja ekstra cepat. Sambil menunggu ayam dan ikan matang, mereka menyiapkan pelengkapnya. Chef Petty memilih kentang sebagai karbohidrat, wortel dan brokoli sebagai sayuran pelengkap. Sementara chef Billy memilih jagung sebagai sumber karbohidrat dan wortel sebagai pelengkapnya.

Dengan cekatan chef Billy mengerat keliling wortel dan memotong melintang sehingga jadi bentuk bunga cantik. Juga memotong-motong jagung untuk diblansir. Sebagai saus istimewa, chef Billy menumis bawang putih dan dituangi Kecap Manis ABC Perasan Pertama serta dibumbui lada hitam. Sausnya berbentuk kental dengan aroma wangi rempah dan karamel kecap.

Sementara chef Petty memblansir wortel dan brokoli serta merebus kentang sebagai pelengkap semur ayamnya.Untuk taburannya, ia menggoreng bawang merah yang aroma wanginya memenuhi Teater Hub di Taman Kuliner tempat Ubud Food Festival berlangsung. Akhirnya kedua chef berhasil menyelesaikan masakan mereka tepat waktu.

Ketika Dua Master Chef Beradu Memasak Sajikan yang TerenakFoto: Ikan goreng dan sayuran buatan chef Billy. (detikfood)

Di-plating cantik dan disajikan dalam 5 piring untuk dicicipi oleh dewan juri. Lengkap dengan hiasan microgreens. Dewan jurinya pun istimewa. Terdiri dari Sisca Suwitomo, Sarah dari UFF, satu orang penonton, Mr. Dhiren Amin, Marketing Director, Kraft Heinz Asia Tenggara dan Mr. Pedro Albuquerque, Managing Director, Kraft Heinz Asia Tenggara.

Ketika Dua Master Chef Beradu Memasak Sajikan yang TerenakFoto: Ikan goreng dan sayuran buatan chef Billy. (detikfood)

Tampilan keduanya sama menarik. Ikan goreng chef Billy ditaruh di atas potongan jagung, disanding dengan sayuran plus saus kecap merica hitam yang berlelehan.

Sementara Semur Ayam chef Petty ternyata empuk dan enak tak seperti yang dikhawatirkan. Apalagi diberi pelengkap potongan kentang rebus, brokoli dan wortel lengkap dengan kuah semur yang harum kental. Nyam!

Kelima juri memuji kelezatan masakan buatan chef Petty dan chef Billy. Merekapun sulit menentukan siapa yang lebih unggul. Bahkan Sarah dari UFF memakan habis porsi semur ayam yang dicicipi juga ikan buatan chef Billy.

Ketika Dua Master Chef Beradu Memasak Sajikan yang TerenakFoto: Para juri sedang mencicipi hasil masakan dua master chef. (detikfood)

Akhirnya dewan juri sepakat memberi penghargaan kedua chef karena kreasinya juga karena kesigapan dalam mengolah makanan. Terutama karena mereka secara tepat memadukan Kecap Manis ABC Perasan Pertama dengan bahan segar yang dipilih. Keduanya pun diberi plakat penghargaan dan hadiah dari ABC.

Plakat dan hadiah diserahkan langsung oleh Mr. Dhiren Amin, Marketing Director, Kraft Heinz Asia Tenggara dan Mr. Pedro Albuquerque, Managing Director, Kraft Heinz Asia Tenggara. Selamat buat para chef! (odi/odi)