Mau Menyeduh Teh Gaya Kerajaan Inggris? Ikuti Cara Mudah Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 10 Apr 2018 06:38 WIB
Foto: thinkstock
London - Tak sekedar menuangkan air panas ke dalam poci berisi teh lalu menuangkan teh ke cangkir. Tetapi menyeduh teh gaya Inggris ada tahapan dan aturannya.

Budaya minum teh sudah melekat ratusan tahun pada masyarakat Inggris. Namun, masih saja banyak hal yang dianggap kurang tepat. Apalagi di lingkungan keluarga Kerajaan Inggris.

Untuk menyeduh, menyajikan dan menikmati teh gaya Kerajaan Inggris, harus disiapkan daun teh hitam atau teh hitam dalam kantong. Jenisnya tergantung selera. Bisa English Breakfast, Earl Grey, Lady Grey, Assam atau Ceylon.

Selanjutnya seorang mantan butler atau pelayan khusus keluarga Kerajaan Inggris, Gran Harold, memberikan tipsnya. Cara ini biasa ia lakukan untuk menyeduhkan teh bagi Ratu Elizabeth, laor metro.co.uk (9/4).


Mau Menyeduh Teh Gaya Kerajaan Inggris? Ikuti Cara Mudah IniFoto: iStock

Berikut ini 4 langkah mudahnya:
1. Tatuh daun teh atau kantong teh dalam poci teh. Tuangi air panas dan diamkan selama 3 menit.
2. Tuangkan teh yang sudah diseduh di poci teh ke dalam cangkir.
3. Tuangkan susu cair ke dalam cangkir berisi air teh (jangan menuangkan susu dulu baru air teh).
4. Aduk dengan menggerakkan sendok teh maju mundur di dalam cangkir teh. Jangan melakukan gerakan memutar, menyentuh pinggiran cangkir teh hingga cangkir berbunyi.
5. Hirup perlahan dari salah satu sisi cangkir teh. Jangan menghirup keras hingga berbunyi.

Mau Menyeduh Teh Gaya Kerajaan Inggris? Ikuti Cara Mudah IniFoto: iStock

Kesalahan terbanyak yang dilakukan orang Inggris, menuangkankan susu lebih dulu sebelum menuangkan air teh. Sementara Ratu Elizabeth sangat menyukai teh Assam dan teh Ceylon untuk teh yang dinikmatinya setiap hari.

Untuk aturan makan scone, seperti pernah diungkapkan Gran Harrold, scone bisa dipotong dengan tangan atau dibelah. Kemudian dioles dengan clotted cream lalu diberi selai.

'Jika sang Ratu berkunjung ke Cornwell, ia akan mengolesi scone dengan selai dulu lalu diberi krim. Sebaliknya jika ke Devon, ia akan mengoleskan krim dulu baru selai. Karena sang Ratu adalah wanita yang sangat diplomatis,' ungkap Gran Harrold.

(odi/odi)