Jajanan Murah Meriah

Raos Pisan! 10 Jajanan dari Tanah Pasundan yang Selalu Dicari

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 06 Apr 2018 19:10 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Jajanan Murah Meriah
Jakarta - Rasa dan rupa sederhana tidak membuat jajanan lokal kehilangan penggemarnya. Salah satunya jajanan asal Jawa Barat yang selalu dicari.

Jajanan tradisional masih punya tempat di hati masyarakat Indonesia. Meski ada banyak jajanan kekinian dari luar negeri, penjual jajanan tradisional tetap diminati bahkan varian jajanan ini semakin banyak.

Bandung jadi salah satu kota yang memiliki banyak jajanan tradisional asal Jawa Barat yang populer. Seperti seblak, cireng, cilok, dan basreng.

Baca Juga:Lagi Ada di Bandung? Jangan Lupa Cicip 9 Makanan Enak Ini!


1. Seblak
Raos Pisan! 10 Jajanan   dari Tanah Pasundan yang Selalu DicariFoto: Istimewa
Mendengar seblak pasti sudah bikin pencinta pedas ngiler. Jajanan khas Bandung ini menggunakan krupuk godog atau kerupuk aci sebagai bahan utamanya. Seiring waktu, isian seblak bertambah lengkap dengan penggunaan makaroni, kwetiau, bakso, tetelan, tulang hingga ceker ayam. Dipadukan dengan racikan bumbu dan kuah pedas, biar lebih mantap.


2. Cireng

Cireng yang merupakan singkatan dari aci goreng ini terbuat dari tepung kanji. Berasal dari Jawa Barat, sebenarnya cireng sudah terkenal pada era 80-an. Secara umum adonan cireng terbuat dari campuran tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng. Bahkan kini ada cireng yang dipadukan dengan keju mozzarella.


3. Cilok
Raos Pisan! 10 Jajanan   dari Tanah Pasundan yang Selalu DicariFoto: Instagram
Cilok banyak dijumpai di Jawa Barat, khususnya Bandung. Nama cilok yang unik merupakan singkatan dari aci dicolok. Bahan utama cilok adalah tepung kanji atau aci dalam bahasa Sunda. Untuk membuat adonan cilok, aci dicampur tepung sagu dan terigu. Cita rasanya gurih dengan paduan bumbu meresap. Paling enak dimakan hangat-hangat.


4. Basreng


Basreng atau bakso goreng merupakan camilan dari kota Bandung. Dibalut dengan bumbu cabai yang pedas, bakso digoreng hingga garing dan teksturnya yang renyah mirip seperti keripik. Lebih enak dinikmati dengan cocolan saus sambal.


5. Bandros

Kue manis khas kota Bandung ini memang tidak sepopuler kue cubit. Tapi bandros tetap memiliki penggemar setianya. Kue ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan santan kelapa, kemudian di tuangkang dalam cetakan besi berbentuk cekung lalu diaburi parutan kelapa.

Jajanan ini sering ditemui di pinggir jalan Bandung maupun wilayah Jawa Barat lainnya. Rasanya manis hangat, lengkap dengan sentuhan gurihnya parutan kelapa.


6. Batagor
Raos Pisan! 10 Jajanan   dari Tanah Pasundan yang Selalu DicariFoto: detikFood
Jika berkunjung ke Bandung, batagor jadi jajanan wajib yang tak boleh terlewatkan. Dibuat dari adonan tepung kanji dari ikan, daging ayam atau udang dibalut kulit pangsit dan tahu lalu digoreng. Rasanya gurih renyah dan makin enak dipadu dengan bumbu kacang yang gurih pedas.

Baca Juga: Kalau ke Bandung, Wajib Jajan Batagor Enak di 5 Tempat Ini!


7. Es goyobod


Es goyobod merupakan salah satu es campur tradisional khas Jawa Barat, yang berasal dari daerah Garut. Es segar ini diracik dari macam-macam bahan seperti sekoteng, kelapa, irisan roti manis, alpukat, susu kental manis, yang disiram oleh santan kelapa dan pemanis sirup gula yang memperkaya rasa.

Baca Juga: 'Raos Pisan Euy'! Yuk, Cicipi 12 Jajanan Enak di Festival Kuliner Serpong


8. Gehu
Raos Pisan! 10 Jajanan   dari Tanah Pasundan yang Selalu DicariFoto: Istimewa
Gehu merupakan singkatan dari toge tahu. Biasanya banyak dijual di pinggir jalan. Berbeda dengan jajanan tahu lainnya, gehu dibuat dari tahu isi yang diisi dengan tumisan tauge pedas dan wortel, ditambah potongan cabai rawit.


9. Cimol


Sama-sama terbuat dari bahan dasar aci, tapi cimol berbeda dengan cilok dan cireng. Jika cilok dikukus, cimol digoreng hingga garing. Biasanya cimol dibubuhi oleh bumbu rasa pedas dan asin yang menggugah selera.


10. Surabi

Raos Pisan! 10 Jajanan   dari Tanah Pasundan yang Selalu DicariFoto: Istimewa
Surabi khas Bandung dikenal dengan bentuk bulat dan bertekstur empuk. Ukurannya lebih kecil dari serabi Solo. Biasanya surabi disajikan dengan lelehan saus gula merah yang manis legit. Namun, kini toppingnya semakin beragam. Ada dengan keju, cokelat, dan aneka selai. (sob/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Murah Meriah