Sindir Juri Masterchef Inggris Soal Rendang Crispy, KFC Malaysia Unggah Foto Ini!

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 06 Apr 2018 17:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Heboh rendang ayam crispy, gerai KFC Malaysia mengunggah foto satu ember penuh ayam goreng varian crispy dengan keterangan bernada sarkastik.

Foto tersebut diunggah di laman Instagram KFC Malaysia dengan keterangan, "Satu satunya yang renyah adalah ayam goreng milik kami. Semangat, masterchef @z.olpin."

Tidak hanya memberikan keterangan yang jelas sekali tertuju pada juri MasterChef Inggris, gerai ini juga memberi judul foto "Bukan Rendang". Kemudian diakhiri dengan memberi semangat pada Zaleha Kadir Olpin.

Baca Juga: Sebut Kulit Ayam Harus Renyah, Juri Masterchef Inggris Diprotes Netizen

Sindir Juri Masterchef Inggris Soal Rendang Crispy, KFC Malaysia Unggah Foto Ini!Foto: Instagram @kfcmalaysia
Unggahan tersebut mendapat banyak komentar dari netizen. Kebanyakan mengaku suka dan tergelitik oleh unggahan tersebut. Hingga banyak netizen yang mengeluarkan tagar #wedontwantcrispyrendang dan #onlycrispyKFC.

"Rendang itu juicy bukan crispy," komentar akun @rin_2496. Bahkan salah satu netizen berkomentar dengan menyebut akun resmi KFC Indonesia. Akun @luthfihazel menulis, "@kfcindonesia jangan mau kalah ya. Segera launch rendang ayam crispy spicy." Walau baru dua hari diunggah, saat ini unggahan tersebut sudah disukai lebih dari 6 ribu pengguna Instagram.

Perdebatan soal kriteria kerenyahan rendang ayam bermula saat kontestan MasterChef Inggris musim terbaru, Zaleha Kadir Olpin, menghadirkan sajian nasi lemak di babak perempat final.

Kala itu kontestan ditantang memasak sajian yang dianggap penting atau siginifikan untuk diri mereka sendiri. Zaleha pun memilih nasi lemak yang merupakan makanan favoritnya sejak kecil.

Sindir Juri Masterchef Inggris Soal Rendang Crispy, KFC Malaysia Unggah Foto Ini!Foto: Istimewa
Wanita asal Malaysia itu menyajikan nasi lemak bersama udang balado, rendang ayam, irisan telur dadar, ikan bilis, mentimun dan kacang goreng. Tampilannya menggugah selera karena lauk disusun mengelilingi nasi gurih dengan cantik.

Setelah mencicip nasi lemak Zaleha, juri lainnya yaitu Gregg Wallace mengritik kerenyahan kulit rendang ayam. "Kulit ayamnya tidak renyah, ini tidak bisa dimakan. Bumbu yang membalur ayam juga tidak bisa saya makan," ujar Gregg.

Ucapannya menuai kontroversi dan hingga menuai banyak kritik pedas. Hingga kini belum ada tanggapan dari Gregg soal unggahan KFC Malaysia ini.

Baca Juga: Rendang Ayam Harus Renyah? Ini Tanggapan Ahli Kuliner Minang Soal Rendang Ayam (dwa/odi)
Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu

Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu