Ini Aturan Baru Makanan yang Boleh Dibawa Penumpang Pesawat di Amerika

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 04 Apr 2018 10:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Warga Amerika kini harus mencatat camilan apa yang diperbolehkan masuk ke dalam pesawat dan bisa melewati proses pemeriksaan TSA. Ada apa, ya?

Pasalnya Transportation Security Administration (TSA), Amerika membuat sebuah peraturan baru. TSA sendiri adalah badan pemerintahan AS yang mengurus keamanan di bandara-bandara Amerika yang dikenal dengan pengamanan dan pemeriksaannya yang sangat ketat.

Setelah hampir satu tahun berjalannya peraturan ketat soal barang elektronik yang mengharuskan setiap penumpang mengeluarkan barang ekektronik berukuran lebih besar dari smartphone dari dalam tas. Kemudian meletakkan barang elektronik tersebut ke dalam kotak plastik tanpa tutup. Hal ini demi mempermudah TSA untuk mengecek barang bawaan penumpang. Saat ini, demi hal yang sama, TSA mengeluarkan peraturan baru terkait camilan yang dibawa.

Ini Aturan Baru Makanan yang Boleh Dibawa Penumpang Pesawat di AmerikaFoto: Reuters
Setiap penumpang harus mengeluarkan camilan yang ada di dalam tas mereka lapor Today (30/3). Tidak hanya berupa cairan tapi juga berupa bubuk dan lainnya.

"Ini bukan hal yang wajib, tapi membantu opererator sinar X untuk lebih jelas melihat benda apa yang ada di dalam tas sehingga mempercepat proses pemeriksaan," tutur pihak TSA.

Walau dikatakan tidak wajib, namun salah satu travel blogger populer asal Amerika, Mommy Points, mendengar kalau staf TSA menginstruksikan setiap orang untuk mengeluan camilan yang dibawa dari dalam tas di bandara wilayah Houston dan Denver.

Banyak orang yang membagikan kisah mereka saat diwajibkan mengeluarkan camilan yang dibawa.

Ini Aturan Baru Makanan yang Boleh Dibawa Penumpang Pesawat di AmerikaFoto: Istimewa
"Tico dikeluarkan dari antrean oleh TSA untuk pemeriksaan camilan buah yang ia bawa. Kasihan sekali staf TSAnya harus mengecek tiap bungkus (makanan itu), "cuit akun @FeverUltimate.

Kebijakan baru ini juga menuai kontra dari beberapa masyarakat. Seperti cuitan akun @sarahc_hunt," TSA mengecek tas saya HANYA karena saya membawa kacang untuk camilan yang mereka kira benda mencurigakan. Ini hal yang baru."

"Jika TSA butuh menyeka semua makanan yang dibawa, mungkin saatnya untuk beralih ke peralatan yang lebih canggih," cuit akun @XploreDreamTrav.

Ini Aturan Baru Makanan yang Boleh Dibawa Penumpang Pesawat di AmerikaFoto: Istimewa
Sebenarnya kue, pie, roti, donat, sayur, dan buah tidak masalah untuk dibawa masuk ke dalam pesawat. Seperti halnya scallop potatoes yang dibawa Chrissy Teigen ini. Ia berhasil membawanya masuk ke dalam pesawat setelah sempat khawatir scallop potatoes buatannya tidak diperbolehkan dibawa.

Namun sebaiknya Anda membuka situs resmi milik TSA untuk melihat makanan jenis apa yang bisa dan tidak bisa dibawa masuk ke dalam pesawat. Pihak TSA juga memberi instruksi agar memisahkan makanan yang dibawa dengan tas berbeda. Agar mempermudah proses pengecekan.

Baca Juga: Ingin Bawa Scalloped Potatoes ke Dalam Pesawat, Chrissy Teigen Deg-degan (dwa/odi)