5 Tips Mudah Ini Bisa Bantu Hilangkan Rasa Pahit pada Pare

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 02 Apr 2018 19:20 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Memiliki banyak khasiat, namun beberapa orang justru membenci pare. Hal ini dikarenakan pare memiliki rasa pahit. Namun, dengan 5 cara ini bisa dihilangkan lho.

Banyak orang yang tak menyukai rasa pahit. Padahal pare memiliki banyak vitamin dan mineral penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit.

Dikutip dari NDTV (01/04) berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika memasak pare agar rasanya tak terlalu pahit.

Baca juga: Meski Pahit, Jus Pare Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

5 Tips Mudah Ini Bisa Bantu Hilangkan Rasa Pahit pada PareFoto: iStock

1. Menghilangkan permukaan yang bergelombang

Untuk mengurangi rasa pahit pada pare, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengikis permukaan kasar di bagian atas pare. Ini bisa dibantu dengan pengupasan sehingga permukaan pare menjadi halus.

Dengan berkurangnya rasa pahit, tentu Anda bisa menikmatinya dengan rasa gurih yang enak.

2. Iris dan buang bijinya

Setelah menghilangkan permukaan pare yang kasar. Kemudian pare dibuang bijinya sebelum digunakan memasak. Hal ini bisa membuat rasa pahitnya lebih berkurang.

5 Tips Mudah Ini Bisa Bantu Hilangkan Rasa Pahit pada PareFoto: Vinepair / Thinkstock

3. Gunakan garam

Setelah selesai menghilangkan permukaan yang karas dan mengiris labu serta membuang bijinya. Langkah selanjutnya adalah dengan mencampurkan garam ke dalamnya. Garam sangat membantu karena dapat menarik jus pahit dari pare keluar. Yang Anda harus lakukan adalah menggosok potongan pare dengan garam dan pindahkan dalam mangkuk selama 20-30 menit sebelum dimasak.

4. Peras jus

Setelah digosok dengan garam, jangan lupa untuk memeras jus dari pare. Cuci dengan air yang mengalir dan peras lagi agar hasilnya lebih optimal.

5 Tips Mudah Ini Bisa Bantu Hilangkan Rasa Pahit pada PareFoto: iStock

5. Gunakan yogurt encer

Untuk menghilangkan rasa pahit, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencairkan potongan labu pahit dalam yogurt encer. Mencairkan yogurt hingga agak encer dan merendam potongan labu selama kurang lebih 1 jam atau lebih.

Baca juga: Meski Pahit, Pare Bisa Cegah Kanker dan Turunkan Gula Darah (adr/odi)