Pizza Klasik dan Kekinian

Calzone, Pizza Tutup Mirip Pastel yang Empuk Gurih

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 30 Mar 2018 15:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bentuk pizza tak hanya bundar. Italia mengenal pizza tutup berbentuk mirip pastel dengan aneka isian gurih. Seperti apa ya rupanya?

Semua orang tentu tahu pizza, tapi tak banyak yang tahu pizza punya bentuk lain yaitu bundar. Sajian ini bernama calzone asal Naples, Italia. Dalam pembuatannya adonan pizza 'ditutup' sehingga mirip pastel.

Ragam bahan yang biasanya jadi topping pizza pun akhirnya menjadi isian calzone. Sebut saja sosis, smoked beef, sayuran dan aneka jenis keju.

Calzone, Pizza Tutup Mirip Pastel yang Empuk GurihFoto: iStock

Di Italia, calzone biasanya dijual sebagai jajanan kaki lima. Ini karena sifat calzone yang mudah dilahap sambil berdiri atau jalan.

Baca Juga: Calzone Enak dan Halal

Pada umumnya calzone dimatangkan dengan cara dipanggang, tapi ada juga yang menggorengnya. Biasanya calzone goreng ini diisi pasta tomat dan mozzarella. Bisa ditemui di wilayah Apulia dengan sebutan panzerotii.

Kalau di Amerika, calzone umum dibuat dari adonan pizza seperti tepung terigu, ragi, minyak zaitun, air dan garam. Adonan calzone lalu diisi daging, keju dan sayuran.

Saat dimakan, calzone biasa disajikan dengan saus marinara. Atau diberi topping kombinasi bawang putih, minyak zaitun dan cacahan peterseli. Hal ini tergantung dari wilayahnya.

Calzone, Pizza Tutup Mirip Pastel yang Empuk GurihFoto: iStock

Nah, di Indonesia calzone juga tersedia di beberapa restoran autentik Italia. Salah satunya MamaRosy di kawasan Kemang. Calzone di sini diisi pasta tomat, mozzarella, jamur dengan bawang bombay, capers dan tomat kering.

Kalau di PEPeNERO ada Calzone Della Casa dengan isian daging ham dan bayam. Rasanya semakin nikmat saat adonan calzone di isi dengan keju mozarella yang gurih mulur. Nyamm!

Baca Juga: Nyam! Enaknya Malam Ini Menyantap Calzone yang Gurih

(lus/odi)