Makan Es Batu Bisa Jadi Tren Kuliner yang Viral di China? Ini Alasannya

Devi Setya - detikFood Selasa, 27 Mar 2018 19:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Laman media sosial banyak dihiasi postingan gadis-gadis China yang asyik mengunyah es batu. Semua kompak makan es batu sambil bikin video.

Media sosial bisa jadi wadah untuk mengungkapkan apapun, jika unik, tak jarang langsung menjadi viral. Seperti tren makan es batu yang tengah banyak dilakukan para wanita di China.

Dikabarkan Sora News24 (27/3) banyak foto dan video yang menunjukkan aksi unik dan tak biasa ini. Anehnya banyak orang yang tertarik dengan hal ini.

Bagi kebanyakan orang, video seperti ini memang tidak mengundang reaksi emosional yang berarti namun tampaknya hal ini dianggap bisa memicu rasa senang. Hal ini dipengaruhi oleh suara 'kriuk-kriuk' khas yang dihasilkan saat gigi mengunyah es batu.
Makan Es Batu Bisa Jadi Tren Kuliner yang Viral di China? Ini AlasannyaFoto: Istimewa
Baca juga : Unik! Ada Tren Makan Es Batu di China dengan Bentuk Es Batu yang Lucu

Reaksi emosional ini masuk dalam kategori autonomous sensory meridian response atau ASMR. Reaksi ini memicu rasa senang orang ketika melihat video ini dan tergerak untuk mencobanya sebagai kesenangan sederhana.

Coba saja jika mencari keyword #iceeating lewat instagram, maka akan langsung banyak muncul foto dan video terkait orang makan es batu.
Makan Es Batu Bisa Jadi Tren Kuliner yang Viral di China? Ini AlasannyaFoto: Istimewa
Menariknya, orang-orang ini membuat es batu yang unik dengan berbagai varian warna dan bentuk.

Netizen yang melihat video ini dijamin langsung tertarik kala mendengar suara es batu yang dikunyah. Selain suara kriuk-kriuk renyah es batu, ekspresi orang-orang yang makan es batu juga jadi hal menarik.

Hampir semua wanita China yang makan es batu menampilkan wajah yang santai dan tenang. Bahkan banyak yang menyantapnyas seperti makan makanan enak. Ekspresi tenang ini mendapat pujian banyak orang, mengingat es batu punya sifat dingin dan cukup keras.

Jadi bisa dipastikan tren makan es batu di China ini menjadi viral karena dijadikan altenatif cara untuk melepas stress. Tertarik mencobanya?

Baca juga : Cantik! Es Batu dengan Tambahan Bunga hingga Buah yang Rasanya Unik (sob/odi)