Manis Segar Es Campur

Dari Makassar, Ada Es Pisang Ijo dan Es Palu Butung yang Legit

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Mar 2018 13:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Manis Segar Es Campur
Jakarta -
Es campur ala Makassar memadukan potongan pisang manis dan bubur sumsum. Ada juga sirup merah dan es batu yang bikin segar!
Makassar punya es pisang ijo dan es palu butung. Kedua es ini termasuk es campur karena dipadukan dengan beberapa bahan sekaligus. Kunci utama pada dua es ini adalah penggunaan pisang matang seperti pisang kepok atau pisang raja. Pisang lalu ditambahkan bubur sumsum, sirup merah dan es batu.
Penggunaan sirup merahnya khas, memakai merek lokal Makassar yaituDHT pisang ambon. Warna merahnya bikin tampilan es campur makin meriah
cantik dengan rasa yang manis legit.

Dari Makassar, Ada Es Pisang Ijo dan Es Palu Butung yang LegitFoto: Istimewa
Es pisang ijo dan palu butung sebenarnya hampir sama. Bedanya es pisang ijo, pisang dibungkus dengan adonan berwarna hijau. Dahulu orang masih memakai daun suji sebagai pewarnanya. Sementara es palu butung hanya potongan pisang kukus polos.
Adonan dadar es pisang ijo dibuat dari tepung beras yang dicampur santan serta pewarna hijau atau kombinasi air daun suji dan pandan. Setelah adonan jadi dan dibalutkan ke pisang, baru dikukus. Setelah matang, pisang dipotong-potong sebelum disajikan.
Dari Makassar, Ada Es Pisang Ijo dan Es Palu Butung yang LegitFoto: Istimewa
Nah, lapisan dadar ini menjadikan es pisang ijo lebih empuk dan lembut. Karenanya es ini juga lebih populer dibanding es palu butung.
Mengenai inovasi, es pisang ijo kini juga ditambahkan beberapa bahan makanan premium. Mulai dari meijes, keju parut hingga kacang tanah. Bubur sumsum juga bisa digantikan vla aneka rasa seperti cokelat dan durian.

Dari Makassar, Ada Es Pisang Ijo dan Es Palu Butung yang LegitFoto: Istimewa
Selain dijajakan di restoran Makassar, es pisang ijo dan es palu butung juga dijual di gerobak khusus. Salah satu yang kekinian adalah pisang ijo merek Sangjo.


(dwa/odi)
FOKUS BERITA Manis Segar Es Campur