Manis Segar Es Campur

Sluuurp! Beragam Bahan Diracik dengan Es dan Sirop

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 19 Mar 2018 18:00 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Manis Segar Es Campur
Jakarta - Racikan aneka buah, jelly dan manisan dipadu dengan sirop dan es batu terasa manis segar. Apalagi dinikmati saat udara terasa panas teri.

Es campur salah satu minuman yang bisa dijadikan dessert sekaligus camilan sehat yang bikin segar tenggorokan. Umumnya es campur terbuat dari es yang dipadu dengan sirup yang diisi alpukat, kelapa muda, nangka, tape, dan cincau.

Sluuurp! Beragam Bahan Diracik dengan Es dan SiropFoto: istock
Tiap daerah di tanah air punya racikan es campur yang unik. Ini karena negara kita beriklim tropis. Seperti es pallu butung khas Makassar, atau es kacang merah gaya Minahasa dan es dawet dari Jawa Tengah.

Di Sumatra ada es campur Medan. Terbuat dari es serut, santan dan kacang merah, biji delima, dan cendol. Ada juga es tebak. Es tebak terdiri dari es serut dengan sirop dan diisi dengan tape ketan hitam, cincau, kolang kaling, potongan roti tawar, dan cendol.

Sluuurp! Beragam Bahan Diracik dengan Es dan SiropFoto: Istimewa
Sementara dari Jakarta ada es teler dengan isian kelapa muda, alpukat, nangka, dan sirop kental manis. Juga ada yang legendaris, es selendang mayang yang berisi irisan hunkue.

Sluuurp! Beragam Bahan Diracik dengan Es dan SiropFoto: Istimewa
Selain menyegarkan juga mengenyangkan. Kini juga ada beragam racikan es campur dari Taiwan, Korea dan Thailand. Isiannya lebih beragam. Dari mochi hingga aneka jelly dan buah kalengan.

Penawar dahaga yang disukai banyak orang ini akan kami ulas secara lengkap. Mana es campur yang jadi favorit Anda? Apa saja jenisnya? Apa benar es campur tinggi kalori? Simak ulasan detikfood kali ini! (dwa/odi)
FOKUS BERITA Manis Segar Es Campur