Gunakan 5 Bahan Dapur Ini Untuk Bersihkan Lantai hingga Panci

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 19 Mar 2018 07:16 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bahan-bahan bumbu yang ada di dapur ternyata bisa bersihkan peralatan dapur. Mulai dari mengepel lantai hingga bersihkan panci.

Menjaga kebersihan dapur memang menjadi kewajiban para ibu di rumah apalagi setelah masak. Namun, beberapa orang memiliki kulit yang sensitif sehingga ketika terkena detergen atau cairan pembersih akan membuat kulitnya kering.

Jika Anda mengalami hal seperti itu, Anda bisa mencoba cara lain yang alami. Dengan bantuan lemon, garam hingga gula bisa membantu ciptakan dapur yang bersih.

Baca juga: Ini Dia 7 Cara Alami Bersihkan Dapur dengan Jeruk Lemon!

1. Lemon

5 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Lantai hingga PanciFoto: Istock

Selain punya aroma yang segar, lemon juga memiliki manfaat lain untuk membersihkan dapur. Salah satunya adalah dapat membantu bersihkan lantai. Jika Anda memiliki lemon di rumah, Anda bisa memeras airnya di lantai atau lap kain yang basah.

Setelah 10 menit, pel lantai dengan campuran air dan larutan garam. Cairan campuran ini juga bisa membersihkan keramik di dinding yang terkena percikan minyak saat menggoreng.

Campuran lemon dan garam juga bisa mdmbantu bersihkan wastafel.

2. Soda kue

Baking soda atau soda kue memang memiliki banyak manfaat, terutama untuk membersihkan dapur. Salah satu manfaatnya adalah membersihkan perhiasan yang kotor.

Membersihkan panci dari sisa minyak dan makanan lengket dengan tuangkan air panas ke dalam panci lalu tuangkan dengan sedikit baking soda. Diamkan kurang lebih satu jam kemudian gosok dengan spons.

Selain itu, mengangkat kerak nasi atau sisa makanan yang mengeras juga bisa diatasi dengan mendidihkan air dan baking soda di dalam panci. Setelah kotoran lepas biarkan hingga dingin kemudian bersihkan.

3. Garam

5 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Lantai hingga PanciFoto: iStock

Garam biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap. Garam juga dikenal dengan sifat abrasif yang membuatnya mampu mempermudah bersihkan panci. Selain itu, garam juga memiliki sifat menyerap bau dan juga dapat mempermudah bersihkan jendela.

4. Gula

Gula yang memiliki rasa manis ini ternyata bisa jadi pembersih. Walaupun terkesan lengket, akan tetapi gula justru bisa membantu hilangkan noda rumput dari pakaian. Selain itu, lemak yang menempel pada pakaianpun bisa juga dihilangkan dengan bantuan gula.

5. Kopi

5 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Lantai hingga PanciFoto: iStock

Tidak hanya enak diseduh air panas, kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan ataupun lemari es dan juga pengharum tangan setelah Anda mengupas bawang. Jika setelah memasak, tangan Anda beraroma bawang putih, Anda bisa menggosokkan sedikit bubuk kopi ke telapak tangan untuk menghilangkan aroma tak sedap.

Baca juga: Yuk, Bersihkan Perabot Dapur Dengan Bahan Makanan Ini! (lus/odi)