Ini 8 Trik Agar Foto Makanan di Instagram Dapat Like Lebih Banyak

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 15 Mar 2018 18:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mungkin Anda sering unggah foto makanan di Instagram tapi tidak mendapatkan banyak like. Anda perlu menyiasati dengan perhatikan tips berikut ini.

Sudut pengambilan gambar dan proses editing memang berperan penting dalam hasil foto makanan yang cantik dan menarik di Instagram. Kini banyak orang yang membuat akun khusus untuk foto-foto makanannya, akun ini biasanya disebut 'foodies'. Selain bisa makan enak, jadi foodies juga menguntungkan.

Baca Juga: Agar Foto Makanan di Instagram Dapat Banyak 'Like' Cobalah Trik Ini!

Dilansir dari Insider (13/03), Vicent Anthony Joseph Errichetti, pemilik akun foodies @tasteofmassachussets, memiliki tips dan trik agar foto makanan Anda di Instagram lebih menarik dan mendapatkan banyak likes.


1. Fokus dan konsisten
Foto: iStock
Vicent menjelaskan bahwa penting untuk membagikan akun Instagram Anda ke media sosial lainnya seperti twitter, facebook, dan platform lainnya. Foto makanan di Instagram jangan terlalu banyak di edit untuk mendapatkan kesan autentik sehingga menjadi daya tarik sendiri untuk yang melihatnya.


2. Survei

Foto: iStock
Jika Anda memiliki akun foodies di Instagram, Vicent menyarankan untuk melakukan survei terlebih dahulu. Seperti jenis makanan apa yang akan difoto, lokasi restoran, apakah lokasinya memiliki pencahayaan yang cukup, hingga sudut pengambilan gambar untuk menghasilkan foto terbaik.


3. Lighting

Foto: iStock
Pencahayaan atau lighting merupakan kunci utama dalam menghasilkan foto makanan yang cantik dan menarik. "Selalu bawa lampu LED, atau pencahayaan lainnya. Kebanyakan restoran memiliki cahaya yang gelap, sehingga dibutuhkan lighting tambahan," ungkap Vicent yang kini berkerja dan mendapatkan uang dari akun Instagramnya.


4. Like foto

Foto: iStock
Meninggalkan likes di foto makanan orang lain, akan membantu Anda mendapatkan jumlah likes yang lebih banyak. "Anda harus menyebarkan aura positif. Tinggalkan komen dan like di foto orang lain, atau bahkan mempromosikan akun orang lain. Nantinya, orang lain akan melakukan hal yang sama sehingga akun kita dapat dikenal banyak orang," imbuhnya.


5. Konten

Foto: iStock
Konten juga memegang peranan penting yang menentukan kesusksesan akun Instagram Anda. "Jadilah diri sendiri, tandai tempat atau restoran yang Anda suka. Konten adalah kunci. Kita mengunggah foto untuk followers bukan untuk diri kita sendiri," jelas Vicent.


6. Follower

Foto: iStock
Follower atau pengikut adalah hal yang sangat penting bagi akun-akun foodies di Instagram. "Biarkan followers yang memilih konten apa yang bagus, dan apa yang tidak. Biarkan mereka memberikan masukan, sehingga kita tahu makanan apa yang tengah disukai di pasaran,"


7. Marketing

Foto: iStock
"Sosial media adalah hal yang baru, tapi sering kali Instagram dijadikan ajang menaruh iklan. Padahal, akun Instagram tidak akan sukses jika hanya berisi iklan. Kita harus bisa membedakan antara marketing dan penjualan," ucap Vicent.


8. Perlahan tapi pasti
Foto: iStock
Untuk memiliki akun foodies yang sukses, kuncinya adalah sabar dan konsisten. Vicent mengungkapkan bahwa merintis akun Instagram memerlukan waktu yang lama. Banyak akun Instagram lain yang melejit dengan cepat tapi hanya berlangsung sementara saja.


Baca Juga: Diposting di Akun Resmi Instagram 10 Foto Makanan Ini Dapat Ratusan Ribu Likes (sob/odi)