Cara Jitu Ini Bisa Bikin Telur Goreng Jadi Lebih Sehat dan Matang Sempurna

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 09 Mar 2018 06:19 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selain telur berkualitas baik, cara menggoreng telur juga menentukan sehat tidaknya telur yang dikonsumsi. Ikuti saran sang ahli ini.

Telur punya kandungan protein yang banyak. Karenanya cocok dijadikan menu sarapan. Tapi jadi tidak sehat kalau dimasak dengan banyak minyak.

Ada cara jitu untuk mencegah hal ini. Caranya dengan mengganti jenis minyak yang dipakai. Bahkan bisa lebih menyehatkan.

Sebaiknya gunakan minyak zaitun daripada minyak sayur atau minyak bunga matahari. Hal ini bisa membuat kuning telur terlihat bulat sempurna. Minyak ini juga punya kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh, lapor Daily Mail (2/3).

Baca Juga: Inilah Cara Mengenali Minyak Zaitun Berkualitas

Sebuah penelitian membuktikan kalau penggunaan minyak sayur untuk menggoreng makanan bisa berakibat buruh untuk kesehatan tubuh. Karena ada senyawa kimia bernama aldehydes yang muncul saat proses menggoreng.

Sebenarnya saat dipanaskan, minyak zaitun juga memunculkan senyawa aldehydes, namun dalam jumlah yang sedikit.

Cara Jitu Ini Bisa Bikin Telur Goreng Jadi Lebih Sehat dan Matang SempurnaFoto: Thinkstock
Minyak zaitun punya smoke point rendah. Jadi minyak ini bisa panas dengan cepat. Hal inilah yang membuat kuning telur pada telur ceplok yang digoreng dengan minyak ini berbentuk sempurna. Putih telurnya juga akan lebih mudah garing. Jadi, telur ceploknya akan matang dengan sempurna.

Namun beberapa orang menghindari penggunaan minyak zaitun. Alasannya karena rasa khas yang ada pada minyak ini. Hal ini dinilai mengganggu cita rasa telurnya.

Walau demikian, pakar gizi tetap mengatakan kalau minyak zaitun pilihan minyak paling baik untuk menggoreng, lansir Brit&Co (1/3).

Baca Juga: Menggoreng dengan Minyak Zaitun lebih Sehat untuk Jantung (dwa/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat