Unggahan Foto Makanan Cantik di Instagram Bisa Picu Makan Lebih Banyak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 08 Mar 2018 11:40 WIB
Foto: Samira Kazan Foto: Samira Kazan
Jakarta - Demi tampilan menarik selera, para influencer tambahkan banyak bahan ke makanannya. Ini memicu porsi makan seseorang melebihi dari yang dibutuhkan.

Deretan foto smoothie bowl, oat atau salad yang diunggah para influencer di Instagram terlihat begitu cantik. Mangkuknya penuh dengan aneka bahan makanan berwarna-warni. Diakui mereka, hal ini dilakukan demi tampilan foto yang menarik selera.

Sayangnya tampilan foto makanan yang cantik dan Instagramable membuat banyak orang berpikir yang ditampilkan adalah porsi ideal. Terlebih jika foto makanan ini diunggah influencer kesehatan. Padahal jika ditilik jumlah kalorinya, makanan itu mengandung kalori berlebih.

Unggahan Foto Makanan Cantik di Instagram Bisa Picu Makan Lebih BanyakFoto: Istock

Dikutip dari Metro (8/3), master perencana makanan dan influencer kesehatan, Amanda Meixber mengungkap fakta ini di Instagram. Ia membandingkan dua foto makanan yang berisi foto makanan ideal dan foto makanan tinggi kalori karena dibuat cantik demi Instagram.

Baca Juga: Agar Foto Makanan di Instagram Dapat Banyak 'Like' Cobalah Trik Ini!

"Ketika kamu membuat makananmu terlihat sangat cantik dan mengabaikan kalori tapi ini benar-benar tak sesuai porsi," tulis Amanda. Semangkuk oat yang ia butuhkan hanya mengandung 320 kalori. Nampak tambahan cokelat, blueberry dan strawberry-nya hanya sedikit.

Unggahan Foto Makanan Cantik di Instagram Bisa Picu Makan Lebih BanyakFoto: Istimewa

Tapi untuk foto Instagram, sajian oat-nya bisa mencapai 716 kalori. Ini karena tambahan toppingnya yang ekstra banyak. Meski hasil fotonya jadi lebih menarik selera.

Dari beragam komentar netizen di unggahan foto ini, terlihat banyak orang masih percaya apa yang dilihatnya di Instagram adalah porsi standar dari apa yang disebut 'sehat.' "Ya Tuhan saya tidak bisa makan semuanya terlalu sering. Saya pikir porsi Instagram adalah standar dan sekarang saya tahu bedanya. Terima kasih!," tulis seorang netizen.

Ada juga yang berkomentar, "Foto Instagram memperbesar porsi makan kami dan tidak ada seorangpun yang membicarakannya. Saya membayangkan bagaimana jika seseorang makan semua porsi itu! Senang melihat beberapa pencerahan atas hal ini," tutur netizen lain.

Unggahan Foto Makanan Cantik di Instagram Bisa Picu Makan Lebih BanyakFoto: Thinkstock

Selain makanan, 'pencitraan' yang sama di Instagram juga berlaku di dunia model. Banyak perempuan seksi berbikini memegang es krim namun nyatanya mereka tak pernah melahap dessert tinggi kalori itu.

Begitu juga dengan para model pria berperut six-pack yang menulis status "TGIF" di foto Instagramnya sambil memegang minuman alkohol. "Nyatanya mereka tidak pernah menyentuh minuman alkohol," ujar netizen yang tahu kehidupan para model.

Nah, bagaimana menurut kamu? Jangan langsung tergiur dan meniru foto makanan apapun yang ada di Instagram ya!

Baca Juga: Bergaya Artsy, Begini Foto Makanan di Laman Instagram Penyanyi Tulus

(adr/odi)