Sajian Warung Kaki 5

Gurih-gurih Pedas, Katupe Siram Gulai Sayur Khas Pariaman

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 07 Mar 2018 12:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kuahnya hangat dengan rasa gurih dan kental. Ketupat sayur khas Padang disajikan bersama gulai nangka, pakis hingga telur balado. Gurih-gurih pedas!

Selain jadi menu wajib saat Lebaran, ketupat sayur atau katupe sayur juga jadi salah satu menu sarapan yang banyak disukai. Beras yang dimasak dalam anyaman daun kelapa menghasilkan sensasi rasa dan tekstur yang enak. Disiram kuah sayur, ada juga tambahan lauk pelengkap berupa telur balado, gulai ayam hingga rendang.

Gerobak penjual ketupat sayur Padang khas Pariaman.Gerobak penjual ketupat sayur Padang khas Pariaman. Foto: Istimewa

Biasanya, ketupat sayur di jajakan dengan gerobak dengan meja dan kursi yang diatapi dengan terpal. Sepanci besar isi sayur pun di taruh di meja gerobak. Ketupat juga digantung di sisi kanan dan kiri. Terkadang, nama gerobaknya juga ditulisi dengan nama sang pemilik misalnya Uda Ramon hingga Uni Emi.

Di Jakarta, ketupat sayur Padang banyak dijual dengan gaya Pariaman. Yang menjadi ciri khas dari katupe atau ketupat sayur Pariaman adalah kuahnya yang berwarna kemerahan. Ada juga versi Bukittinggi yang lebih ringan rasanya, kuahnya kuning gurih dan sedikit pedas.

Baca juga: Lamaknyo! 9 Katupe Sayur Padang yang Dimakan Netizen untuk Sarapan Ini

Untuk menyajikannya, ketupat dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil. Kemudian disiram gulai sayur yang berisi irisan buncis, potongan nangka muda hingga pucuk pakis. Rasanya gurih santannya enak, dan makin sedap ketika ditambah dengan pelengkap telur balado dengan sambal merah yang pedas.

Gurih-gurih Pedas, Katupe Siram Gulai Sayur Khas PariamanSalah satu sajian ketupat sayur Padang yang cocok untuk sarapan. Foto: iStock

Terakhir, kerupuk berwarna merah muda yang renyah dicampurkan ke dalam sajian ini. Kalau suka, penjual ketupat sayur biasanya juga memiliki keripik singkong yang enak juga jadi campuran ketupat sayur.

Seporsi sajian sederhana dari tanah Minang. Katupe sayur dibandrol dengan harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 18.000-an. Dijamin kenyang! (lus/odi)