Sajian Warung Kaki 5

Nasi Goreng Warung Tenda yang Sedap dan Tak Menguras Kantong

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 06 Mar 2018 19:30 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Sajian Warung Kaki 5
Jakarta - Nasi goreng gerobak tak kalah sedap dengan bikinan resto. Dimakan malam hari bisa jadi penghangat perut yang memuaskan.

Nasi goreng adalah salah satu makanan banyak diminati. Tidak hanya populer di Indonesia, nasi goreng merupakan jajanan populer di Asia. Mulai dari restoran bintang lima hingga kaki lima, menyajikan menu makanan sederhana ini.
Nasi Goreng Warung Tenda yang Sedap dan Tak Menguras KantongFoto: Fitang Budhi Aditia/ detikcom

Umumnya, nasi goreng dijajakan secara berkeliling atau menggunakan warung tenda yang bisa dihampiri kapan saja. Penjaja nasi goreng biasanya ditemukan di wilayah perumahan atau perkantoran.

Baca Juga: Ini 5 Tempat Makan Nasi Goreng Kaki Lima yang Murah dan Sedap

Warung tenda nasi goreng ini dapat ditemui siang dan malam. Biasanya nasi goreng diracik dengan bumbu halus dari bawang putih, bawang merah, irisan bakso dan sosis, suwiran ayam goreng, garam, kecap dan telur. Jika ingin pedas, nasi goreng baru dicampur dengan sambal merah atau potongan cabai.

Cara pembuatannya juga sederhana. Menggunakan wajan aluminium atau besi, semua bumbu ditumis menggunakan minyak hingga harum, lalu sepiring nasi putih di masukan ke dalam wajan dan diaduk bersama tumisan bumbu. Lalu ditambahkan bahan-bahan lainnya.
Nasi Goreng Warung Tenda yang Sedap dan Tak Menguras KantongFoto: detikFood/iStock

Sebenarnya pilihan isian nasi goreng dan tingkat kepedasannya bisa sesuai selera. Bahkan kalau mau lebih puas bisa mampir ke warung nasi goreng gila yang banyak ditemui di pinggir jalan. Nasi goreng gila mencampirakn semua jenis isian.

Kelebihan nasi goreng di sini, Anda bisa mendikte pembuat nasi goreng secara detil. Sampai ke jenis olahan telurnya. Mau dadar, goreng setengah matang atau goreng kering.

Dilengkapi dengan irisan acar potongan cabai rawit, mentimun, dan bawang merah, serta kerupuk renyah, sepiring nasi goreng warung tenda ini biasanya dihargai mulai dari Rp. 12,000 hingga Rp. 25,000 sesuai dengan isian.
Nasi Goreng Warung Tenda yang Sedap dan Tak Menguras KantongFoto: Istimewa

Di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Anda bisa mencicipi nasi goreng kambing yang sangat terkenal. Berjualan mulai dari jam 11 pagi. Nasi goreng ini terkenal karena daging kambingnya yang empuk dipadukan dengan gurihnya minyak samin.

Jenis nasi goreng di warung tenda juga beragam, Anda bisa mencicipi nasi goreng gila Obama yang hits di wilayah Menteng, berjualan mulai jam 5 sore. Nasi goreng ini disebut 'gila' karena disajikan dengan topping bakso, sosis hingga telur orak-arik yang gurih sedap, bisa juga minta topping petai dan lelehan keju.

Baca Juga: Nasi Goreng Obama: Membuktikan Kelezatan Nasi Goreng Gila Obama yang Hits! (sob/odi)
FOKUS BERITA Sajian Warung Kaki 5

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com