Sajian Warung Kaki 5

Dari Gerobak Keliling Kemudian Mangkal di Warung Tenda

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 06 Mar 2018 17:30 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Sajian Warung Kaki 5
Jakarta - Sate ayam asal Madura ini awalnya dijajakan keliling dengan gerobak. Kini banyak yang mangkal di warung tenda di berbagai daerah.

Sate ayam Madura sejak dulu dikenal dari pedagang keliling yang menjajakan dengan gerobak. Bahkan beberapa menjajakan dengan menaruh di atas kepala.

Bukan hanya di Madura dan Jawa Timur, sate ayam berbumbu kacang ini banyak yang mangkal dengan bentuk warung tenda. Sehingga orang bisa duduk menikmati sate yang hangat harum.
Dari Gerobak Keliling Kemudian Mangkal di Warung TendaFoto: Istimewa
Menilik dari sejarahnya, kata "sate" atau "satai" berasal dari bahasa Tamil. Diduga sate diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar abad ke-19. Kepopuleran sate di Indonesia ini juga ditandai oleh banyaknya pendatang dari Arab dan pendatang Muslim Tamul dan Gujarat dari India ke Indonesia.

Baca juga: Begini Nih Cara Bikin Sate Ayam yang Juicy Enak

Dari Jawa, sate menyebar ke seluruh kepulauan Nusantara yang menghasilkan beragam variasi sate. Ada daging kambing, sapi, ikan, domba hingga daging ayam. Salah satu daerah asal daging ayam yang terkenal adalah sate Madura dan sate Ponorogo.
Dari Gerobak Keliling Kemudian Mangkal di Warung TendaFoto: dok.detikFood/Istimewa
Sate ayam Madura berupa potongan daging ayam, disajikan dengan saus kacang, irisan cabe rawit, bawang merah, kecap manis plus taburan bawang merah goreng.

Dibakar di atas api arang hingga matang dan berwarna kecokelatan. Sajikan hangat-hangat, dan nikmati dengan lontong atau nasi hangat.
Dari Gerobak Keliling Kemudian Mangkal di Warung TendaFoto: Istimewa
Berbeda dengan sate Madura, sate asal Ponorogo daging ayam dipotong tipis memanjang. Sebelum dibakar, sate ini terlebih dahulu direndam ke dalam bumbu kecap dan minyak sayur. Kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang.

Di sore dan malam hari sate ayam Madura gampang ditemui di warung tenda di sepanjang jalan Sabang, Jakarta Pusat. Atau Sate Ayam Barokah Khas Madura yang ada di kawasan Pasar Santa ataupun Sate RSPP di depan RS Pertamina.

Baca juga: Nyam! Sate Ayam yang Empuk Enak Ada di 4 Tempat Ini (dvs/odi)
FOKUS BERITA Sajian Warung Kaki 5

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com